Disaksikan Adik Gus Dur, Solawat Nabi Menggema di Kediaman Khofifah Cagub Nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa sujud syukur di kediamannya (MP/Budi Lentera)

Merahputih.com - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa tak bisa membendung rasa bahagia usai unggul atas pasangan Gus Ipul-Puti Guntur berdasarkan hitung cepat beberapa lembaga survei. Mantan mensos itu tak henti-hentinya melakukan sujud syukur di rumahnya, Jalan Jemursari, Surabaya, Rabu (27/6) sore.

Pantauan Merahputih.com, Sorak sorai juga terdengar dari beberapa ruang rumah Khofifah. Ada yang bersolawat, ada juga yang berjoget. Di tempat yang sama, pengasuh Ponpes Tebuireng, Jombang, KH Solahuddin Wahid atau Gus Sholah menyaksikan aktivitas tersebut.

Adik kandung Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu, sengaja datang ke Surabaya untuk menyaksikan kemenangan itu. "Alhamdulillahirobbilalamin, ini hasil perjuangan kita yang sudah berjalan beberapa bulan, mudah-mudahan apa yang kita perjuangkan ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat Jawa Timur," kata Gus Sholah.

Gus Sholah saat berada di kediaman Khofifah (MP/Budi Lentera)

Gus Sholah pun mengungkapkan jika kemenangan Khofifah-Emil ini tak lepas dari upaya masyarakat Jawa Timur yang menginginkan pemimpin yang amanah. "Masyarakat saat ini sudah cerdas, masyarakat yang bisa memilih pemimpinnya yang lebih baik," tegas Gus Sholah.

Berdasarkan hasil hitung cepat sementara Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) hingga data masuk 82 persen, pasangan Khofifah-Emil unggul 52.24 persen dari pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno dengan 47.76 persen suara.

Sama halnya dengan hasil hitung cepat versi LSI Denny JA. Hingga data masuk 85 persen, pasangan Khofifah-Emil meraih 54.4 persen suara. Sedangkan pasangan Gus Ipul-Puti meraih 45.7 persen.

Cagub nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa di kediamannya (MP/Budi Lentera)

Usai menggelar sujud syukur, Khofifah dan seluruh pendukung dan relawannya melantungkan salawat dan doa bersama-sama. Khofifah sendiri juga unggul di TPS 16, tempat dia melakukan pencoblosan. Dari 479 suara yang masuk, Khofifah mendapatkan 413 suara. Sementara Gus Ipul mendapatkan suara 56 dan 10 suara dinyatakan tidak sah.

Rencananya, malam ini Khofifah Emil akan mendeklarasikan kemenangannya. "Kita tunggu mas Emil dulu. Nanti saya mau komentar panjang lebar." singkat Khofifah.

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Budi Lentera, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya. Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Didampingi Puti Guntur, Wali Kota Risma Coblos di TPS 001 Jajartunggal



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH