Dirut Transjakarta Datangi Kantor Polisi

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 09 Desember 2021
Dirut Transjakarta Datangi Kantor Polisi
Bus TransJakarta menabrak pos polisi di depan PGC, Jakarta Timur, Kamis (2/12/2021). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Merahputih.com - Rentetan kecelakaan bus Transjakarta menjadi sorotan publik. Karena, tak kurang dari satu bulan, lebih dari dua kecelakaan terjadi di DKI Jakarta. Paling baru, kecelakaan Transjakarta di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan. Insiden itu mengakibatkan satu orang meninggal dunia.

Buntut dari rangkaian kecelakaan tersebut, Ditlantas Polda Metro Jaya memanggil Direktur Utama PT Transjakarta, Mochammad Yana Aditya.

Baca Juga:

Rentetan Kecelakaan Bus TransJakarta, PSI Sebut Direksi Tak Serius Lakukan Evaluasi

"Pak Dirut (Yana Aditya) hadir di Ditlantas PMJ untuk diskusi terkait dengan banyaknya kecelakaan akhir-akhir ini yang menimpa Transjakarta," kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Kamis (9/12).

Dari hasil evaluasi dan analisis kepolisian, mayoritas kecelakaan yang melibatkan bus dipengaruhi faktor human error.

Artinya, ada standar operasional prosedur (SOP) yang sudah dibuat perusahaan tetapi karena pengawasan tak ketat, tak dipatuhi sopir.

Baca Juga:

Bus TransJakarta Kecelakaan Lagi, Kali Ini Memakan Korban Penyeberang Jalan

"Atau mungkin terkait manajemen sumber daya manusia (SDM)," ucap Sambodo.

Salah satu yang disoroti oleh Ditlantas Polda Metro adalah jam kerja. Berapa lama pramudi bus Transjakarta istirahat, dan bagaimana sistem shift antarsopir akan ditanyakan ke pihak Transjakarta.

“Misal dia empat rit, upah sekian. Lima rit, upahnya sekian. Jadi akan muncul tanda tanya, karena kalau sistem itu sopir bisa mengebut agar target bisa dicapai,” kata Sambodo.

Baca Juga:

Siap-siap Direksi TransJakarta Diduga Nonton Hiburan Belly Dance Terima Sanksi

Polisi akan menagih janji Transjakarta yang menyatakan akan menerapkan rekomendasi yang diberikan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya beberapa waktu lalu.

Soalnya, sejumlah kecelakaan yang terjadi dalam beberapa waktu ke belakang menarik perhatian publik. “Dua bulan ini ada 14 kecelakaan yang melibatkan Transjakarta. Mayoritas human error,” tambah dia. (Knu)

#TransJakarta #Bus Transjakarta
Bagikan
Bagikan