hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
#DiRumahAja Bukan Berarti Enggak Kerja, Aplikasi 'Meeting Online' ini Bisa Membantu Aplikasi meeting online jadi solusi untuk kerja dari rumah (Foto: Pixabay/Secondfromthesun)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

KETIKA melakukan praktik physical distancing dan harus #DiRumahAja karena pandemi COVID-19, bukan jadi asalan untuk kamu tidak produktif dalam pekerjaan. Memang kebijakan work from home (WFH) yang dilakukan banyak kantor sedikit banyak berdampak pada kelangsungan perusahaan. Apalagi saat pekerjaanmu tak lepas dari meeting ke meeting, baik dengan klien maupun atasan.

Baca juga:

Yuk Cari Uang Jajan Tambahan Sembari 'Work From Home'!

Meski begitu, berkembangnya teknologi saat ini membuat hal tersebut bukanlah masalah besar. Beberapa aplikasi bisa jadi solusi untuk masalah ini, bahkan menjadi aplikasi terlaris yang saat ini dipakai banyak orang. Berikut beberapa aplikasi meeting online yang bisa membantumu bekerja #DiRumahAja.

1. ZOOM

#DiRumahAja Bukan Berarti Enggak Kerja, 4 Aplikasi 'Meeting Online' ini Bisa Membantu
Meeting menggunakan aplikasi ZOOM (Foto: Instagram/BeersandCameras)

ZOOM merupakana aplikasi konferensi video paling populer untuk kebutuhan pekerjaan. Aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur, dengan berbagai paket berdasarkan ukuran dan kebutuhan.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis untuk meeting pribadi, maupun juga berbayar kurang lebih USD 19 atau sekitar Rp 300 ribu per bulan untuk perusahaan besar. Fitur berbayar memungkinkan peserta meeting hingga 200 orang, penyimpanan cloud tanpa batas, e-mail khusus, link untuk meeting tertentu, dan masih banyak lagi.

2. Skype For Business

#DiRumahAja Bukan Berarti Enggak Kerja, 4 Aplikasi 'Meeting Online' ini Bisa Membantu
Meeting menggunakan skype for business (Foto: Pixabay/Tumisu)

Nama yang mungkin tidak asing di telinga, aplikasi dari Microsoft ini memiliki fitur tambahan yaitu Skype for Business. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur bisnis, seperti memungkinkan hingga 250 peserta dalam rapat secara online dan kemampuan papan tulis virtual.

Meski begitu, ada beberapa keterbatasan, seperti kurangnya fitur konferensi audio dial-in yang terintegrasi. Biaya untuk setiap pengguna dimulai dari USD 2 atau sekitar Rp 30 ribu per bulannya.

Baca juga:

Kiat Sederhana Sukses 'Trading Online' untuk Pemula

3. BlueJeans

#DiRumahAja Bukan Berarti Enggak Kerja, 4 Aplikasi 'Meeting Online' ini Bisa Membantu
Office Meeting dengan BlueJeans (Foto: Instagram/Techdocent)

Bluejeans merupakan aplikasi konferensi web berfitur lengkap yang terintegrasi. Pendekatan yang sederhana dan modern, berbeda dengan beberapa layanan kompleks yang ditawarkan pesaingnya. Bluejeans menggunakan sistem meeting, space, dan event untuk memungkinkan pertemuan video di mana saja.

Tidak diperlukan perangkat lunak dengan kemampuan untuk meluncurkan rapat dari browser. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk dengan mudah melihat semua aktivitas konferensi video. Dengan fasilitas yang cukup baik, harga biaya paket mulai dari USD 16,65 atau sekitar Rp 270 ribu per bulan.

4. BigBlueButton

#DiRumahAja Bukan Berarti Enggak Kerja, 4 Aplikasi 'Meeting Online' ini Bisa Membantu
Meeting bersama menggunakan BigBlueButton (Foto: BigBlueButton)

Aplikasi meeting online berikutnya adalah BigBlueButton. Memiliki kemampuan papan tulis virtual untuk memenuhi produktivitas dan dibuat khusus untuk pendidikan dan pembelajaran online.

Sebagai alat open source gratis, ada banyak tambahan melalui pengembang pihak ketiga yang memungkinkan untuk pengalaman konferensi web yang disesuaikan, termasuk integrasi dengan learning management systems (LMS), meningkatkan kemampuan penggunanya dalam mempelajari sesuatu. (Nic)

Baca juga:

Tetap Produktif Selama #DiRumahAja, Yuk Belajar Jadi Programmer!


hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5