Dirjen Perikanan Tangkap Sebut Ratusan Kapal Asing Ditenggelamkan Dirjen Perikanan Tangkal KKP (ujung kanan) Sjarief Widjaja. (MP/Mauritz)

MerahPutih.com - Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan Sjarief Widjaja menyebutkan sebanyak 327 kapal asing telah ditenggelamkan.

Kapal asing tersebut rata rata berukuran 200-300 GT dengan panjang jaring 150 KM yang mampu menangkap ikan hingga 100 ton sekali tarik.

Hal ini dikatakan Sjarief dalam kunjungan kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan di Pelabuhan Perikanan Nusantara, Kejawanan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jabar, Kamis (12/10).

"Kalau kita bandingkan dengan nelayan kita itu pulang hanya membawa 25-50 kilogram. Ini (jaring kapal asing) 100 ton," kata Sjarief.

Lanjutnya, pencurian menyebabkan stok ikan nasional menipis. Namun kebijakan dari Menteri KKP Susi Pujiastuti, setiap kapal asing yang kadapatan menangkap ikan di perairan Indonesia ditenggelamkan, stok ikan nasional kini meningkat.

Kebijakan Menteri Susi berimbas pada stok ikan nasional meningkat dua kali lipat dalam waktu tiga tahun terakhir.

"Di tahun 2013 stok ikan nasional sekitar 6,5 juta ton, sekarang stok ikan kita mencapai 12,5 juta ton," sebut Sjarief.

Dalam kesempatan ini KKP memberikan bantuan kepada nelayan pantura Cirebon berupa jaring ramah lingkungan, kartu asuransi nelayan, benih bandeng, benih lele mutiara, bantuan permodalan, dan asuransi kematian. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Mauritz, kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel:



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH