Diresmikan Presiden Jokowi, SPAM Kali Dendeng Kupang Bisa Aliri 15 Ribu Rumah Tangga

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 06 Desember 2023
Diresmikan Presiden Jokowi, SPAM Kali Dendeng Kupang Bisa Aliri 15 Ribu Rumah Tangga
Presiden Jokowi meresmikan SPAM Kali Dendeng, di Kupang, NTT, Rabu (6/12). Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kali Dendeng, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (6/12).

Jokowi menyampaikan, SPAM Kupang bisa dipakai untuk kebutuhan belasan ribu rumah tangga di tengah musim kemarau masalah air menjadi persoalan yang besar.

Baca Juga

Presiden Jokowi Tiba di Labuan Bajo dalam Kunjungan 3 Hari ke NTT

“Hari ini kita akan membuka SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Kali Dendeng di Kota Kupang. Ini akan bisa dipakai untuk 15 ribu sambungan rumah tangga, tetapi baru terpakai kurang lebih tiga ribu sambungan rumah tangga," tutur Jokowi.

Jokowi menyampaikan SPAM Kupang dibangun sejak 2020 dengan anggaran Rp 173 miliar. Ia berharap pembangunan SPAM bisa memberikan kepastian air bagi masyarakat Kupang.

"Ini dibangun sejak 2020 menghabiskan anggaran Rp 173 miliar ini angka besar loh, sehingga ini akan memberikan kepastian bahwa untuk urusan air utamanya air minum di Kota Kupang dan sekitarnya bisa disuplai di SPAM Kali Dendeng," ucapnya.

Ia meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk segera menyelesaikan sambungan air tersebut walaupun merupakan tanggung jawab pemerintah daerah.

Baca Juga

Jokowi Tiba di Indonesia Setelah Bicarakan Perubahan Iklim di COP28 Dubai

“Harusnya ini tanggung jawab daerah, kota, provinsi, dan tanggung jawab PDAM, tetapi untuk NTT ini akan kita bantu dari pemerintah pusat," paparnya.

Jokowi juga menyampaikan akan ada tujuh waduk yang akan selesai pada 2024 untuk produktifitas pertanian di wilayah NTT.

"Kedua yang berkaitan dengan pertanian, ada tujuh waduk yang sudah selesai dibangun dan akan segera selesai di tahun 2024 nantinya. Ini juga akan memberikan efek luar biasa pada produksi produktifitas pertanian sawah yang ada di NTT," tambah Jokowi

Selain waduk, Jokowi juga meresmikan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Ben Mboi di Kupang.

RSUP dr Ben Mboi merupakan rumah sakit terbesar di wilayah timur Indonesia. Bahkan, pembangunan rumah sakit ini menelan anggaran hingga Rp 240 miliar.

Jokowi pun terkesima dengan fasilitas yang tersedia di rumah sakit tersebut, misalnya terdapat fasilitas MRI hingga CT scan yang super modern. (Knu)

Baca Juga

Jokowi Pertanyakan Motif Agus Rahardjo: Untuk Apa Diramaikan?

#Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan