Direktur KPK Giri Yakin Firli Juga Tak Lulus Jika Ikut TWK

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 04 Juni 2021
Direktur KPK Giri Yakin Firli Juga Tak Lulus Jika Ikut TWK
Direktur Sosialisasi dan Kampanye Anti-Korupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Giri Suprapdiono - Youtube

MerahPutih.com - Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Giri Suprapdiono, meyakini Ketua KPK Firli Bahuri juga tidak akan lolos jika mengikuti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Awalnya, Giri bercerita pernah mengikuti TWK bersama Firli saat keduanya sama-sama mencalonkan diri menjadi pimpinan KPK. Saat itu, Giri dan Firli dinyatakan lulus TWK.

Baca Juga

75 Pegawai KPK Tetap 'Ngantor' Meski Tak Dilantik Jadi ASN

"Saya juga dulu calon pimpinan (KPK), bareng Pak Firli juga. Bahkan satu kelompok dalam diskusi. Jadi, kita tahu bagaimana sikap dalam tes tersebut, dan kita sama-sama lulus tes kebangsaan, tes radikalisme," kata Giri di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Jumat (4/6).

Karena itu, Giri meyakini Firli juga tidak akan lulus jika mengikuti TWK pegawai KPK. Giri merupakan satu dari 75 pegawai KPK yang tidak lulus TWK dalam rangka alih status menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Jadi kalau misalkan kita dites lagi, bisa jadi dua-duanya tidak lulus, karena kita sama-sama lulus dites yang sama," ujarnya.

Ketua KPK, Firli Bahuri. ANTARA/HO-Humas KPK
Ketua KPK, Firli Bahuri. ANTARA/HO-Humas KPK

Diketahui Giri telah dua kali mengikuti seleksi calon pimpinan (capim) KPK. Pada 2014, dia lulus dan masuk 19 besar. Sementara pada 2019, pria yang sudah mengabdikan dirinya selama 16 tahun di KPK ini juga lulus dan masuk 40 besar.

Giri juga punya segudang prestasi. Dia pernah menerima penghargaan Makarti Bhakti Nagari Award pada Desember 2020, lulusan terbaik pelatihan kepemimpinan nasional II angkatan XVII di Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Kemudian, alumnus Institute to Social Studies-Erasmus University of Rotterdam ini juga pernah menjadi narasumber wawasan kebangsaan dan antikorupsi di Seskoad, Lemhanas, Sespim Polri, hingga Intelstrat BIN dan ITB. (Pon)

Baca Juga

Temui Petinggi MUI, 75 Pegawai KPK Tak Lolos TWK Bantah Isu Taliban

#Kasus Korupsi #Komisi Pemberantasan Korupsi #Firli Bahuri
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan