Headline

Dipuja Israel, Donald Trump Diabadikan Jadi Nama Stasiun Kereta di Yerusalem

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 27 Desember 2017
Dipuja Israel, Donald Trump Diabadikan Jadi Nama Stasiun Kereta di Yerusalem
Warga Palestina berjalan melewati mural bergambar Presiden Amerika Serikat Donald Trump di bagian perbatasan Israel, di kota Betlehem, Tepi Barat. (ANTARA FOTO/REUTERS/Mussa Qawasma)

MerahPutih.Com - Kebijakan kontroversial Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel membuat namanya dipuja-puji pemerintahan Israel.

Menteri Transportasi Israel Yisrael Katz sebagaimana dilansir The Guardian Rabu (27/12) berencana mengabadikan Trump sebagai nama stasiun kereta cepat di Yerusalem.

Stasiun kereta cepat tersebut akan dibangun di Yerusalem tepatnya di kawasan Tembok Barat. Pemberian nama stasiun kereta cepat Donald Trump menurut Katz sebagai bentuk penghormatan kepada Presiden Amerika Serikat atas keputusan bersejarahnya mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Juru bicara kementerian transportasi, Avner Ovadia mengatakan, proyek perpanjangan jalur kereta cepat dan stasiun di Tembok Barat itu akan menelan dana hingga 700 juta dolar AS atau setara dengan Rp 9,4 triliun.

Nantinya, stasiun bawah tanah itu akan dibangun lebih dari tiga kilometer di bawah kota suci Yerusalem. Dan Tembok Barat menjadi tempat paling suci yang digunakan kaum Yahudi untuk beribadah.

Jika disetujui, proyek pengerjaan diperkirakan akan memakan waktu sekitar empat tahun.

Penggalian terowongan menuju Tembok Barat juga harus dilakukan penggalian di Kota Tua yang tentu bakal berdampak pada sisa arkeologi dan bangunan bersejarah yang telah berusia 3.000 tahun, yang akan memancing reaksi dari organisasi cagar budaya, selain masalah politik dan agama.

Namun, kementerian transportasi Israel tetap optimis rencana pembangunan stasiun kereta Donald Trump bakal disetujui.

"Tidak ada alasan mengapa stasiun kereta ini tidak dibangun. Kami telah mengetahui bagaimana menghadapi oposisi yang tidak kalah sulit," pungkas Avner Ovadia.(*)

#Donald Trump #Yerusalem #Israel
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan