Diprotes Rakyat Palestina, Argentina Batalkan Pertandingan Lawan Israel

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 06 Juni 2018
Diprotes Rakyat Palestina, Argentina Batalkan Pertandingan Lawan Israel
Lionel Messi dan pemain Argentina saat melawan Haiti

MerahPutih.com - Argentina memutuskan membatalkan pertandingan uji coba melawan Israel pada Sabtu (9/6). Keputusan ini diambil setelah mendapatkan protes dari rakyat Palestina.

Laga persahabatan melawan Negeri Zionis itu sebagai bagian dari persiapan Lionel Messi dan kawan-kawan sebelum berlaga di Piala Dunia 2018. Namun, banyaknya ancaman membuat Federasi sepakbola Argentina (AFA) membatalkan partai tersebut.

"Mereka akhirnya melakukan hal yang benar. Sekarang di belakang kami, sangat jelas jika keselamatan dan akan sehat menjadi pertimbangan utama. Kami pikir keputusan yang paling tepat adalah dengan tidak pergi," kata Gonzalo Higuain kepada ESPN, Rabu (6/6)

Penyerang Argentina, Gonzalo Higuain. REUTERS/Agustin Marcarian

Kedutaan Besar Israel untuk Argentina sudah memastikan bahwa pertandingan kedua tim dibatalkan dengan alasan keamanan.

"Kedutaan Israel dengan sedih mengumumkan pembatalan pertandingan antara tim nasional Israel kontra Argentina pada Sabtu 9 Juni, sebagai pertandingan pemanasan sebelum Piala Dunia. Ancaman dan provokasi yang diarahkan kepada Lionel Messi secara logis membangkitkan solidaritas dari rekan-rekannya," bunyi pernyataan resmi kedutaan besar Israel.

"Pertandingan persahabatan antara Argentina dan Israel yang akan segera merayakan ulang tahun ke-70 bukan merupakan pertandingan sepak bola. Negara demokratis dan majemuk ini akan selalu menantikan kesempatan untuk menerima satu di antara bintang olahraga Argentina."

enyerang Argentina, Gonzalo Higuain. Foto: Getty Images

Sementara itu, federasi sepak bola Palestina memuji keputusan yang diambil Argentina. "Federasi mengucapkan terima kasih kepada semua lembaga dan olahraga di dunia yang bekerja tanpa lelah untuk menolak olahraga dijadikan alat politik," sebut pernyataan PFA.

"Federasi sepak bola Palestina memuji para pemain Argentina yang dipimpin oleh Messi dan pemain lainnya," sambungnya. (*/Bolaskor)

#Timnas Argentina #Timnas Israel
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan