Diprediksi Peredaran Ponsel 5G Tahun Ini Mencapai 199 Juta Peredaran ponsel 5G tahun ini sangat fantastis (Foto: Pixabay/JESHOOTS-com)

PROYEK jaringan 5G memang sudah mulai dikembangkan di beberapa negara di dunia. Bahkan berdasarkan data dari Firma riset Strategy Analytics, diprediksi akan ada pengiriman 199 juta ponsel 5G hingga akhir tahun 2020.

Jumlah tersebut menurut Firma riset Strategy Analytics adalah 15 persen dari total pengiriman ponsel ke seluruh dunia. Peningkatan ini terbilang sangat drastis. Karena di tahun sebelumnya hanya 19 juta ponsel 5G yang dikirim ke berbagai negara.

Baca juga:

Akses Internet Dibatasi Ekstra Ketat di 5 Negara Ini

Pasar terbesar ponsel 5G hanya 5 hegara (Foto: Pixabay/TeroVesalainen)
Pasar terbesar ponsel 5G hanya 5 hegara (Foto: Pixabay/TeroVesalainen)

Saat ini, pasar terbesar untuk ponsel 5G ialah Amerika Serikat, China, Jepang, Korea Selatan, dan Jerman. Hanya saja prediksi tersebut bisa meleset karena wabah virus corona (COVID-19). Hal ini juga terkait sebagian besar produksi ponsel ada di Asia.

"Ketakutan mengenai virus corona yang masih berlanjut dan perlambatan ekonomi akan membatasi permintaan 5G tahun ini," kata Direktur Eksekutif Strategy Analytics, Neil Mawson seperti dilansir Antaranews.com, Jumat, (21/2).

Baca juga:

Menyimak Spesifikasi Samsung Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra

Sayangnya ada kendala karena virus corona (Foto: Pixabay/nastya_gepp)
Sayangnya ada kendala karena virus corona (Foto: Pixabay/nastya_gepp)

Seperti yang diketahui, wabah virus corona mengganggu produksi ponsel di Asia, termasuk rantai pasokan. Beberapa perusahaan ponsel mengaku mengalami hambatan karena beberapa komponen diambil dari negara sumber virus yakni Tingkok.

Strategy Analytics memprediksi jumlah permintaan ponsel 5G akan sangat tinggi dapa paruh kedua tahun 2020 ini, dengan syarat wabah virus corona berkurang. (Yni)

Baca juga:

BlackBerry Akan Hentikan Penjualan Ponsel Akhir Tahun Ini


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani