Diplomasi NOC, Indonesia Kunci Slot Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Angkat Besi

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 15 Mei 2023
Diplomasi NOC, Indonesia Kunci Slot Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Angkat Besi
Rahmat Erwin Abdullah (Cdm Indonesia/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Kabar gembira datang untuk pecinta olahraga angkat besi tanah air.

Indonesia baru saja mengunci slot tuan rumah Kejuaraan Dunia Angkat Besi (IWF).

Hal ini dijanjikan Presiden IWF Mohammed Jalood saat bertemu dengan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC) Raja Sapta Oktohari saat menyaksikan penampilan Rahmat Erwin Abdullah di kelas 81kg putra.

Baca Juga:

Jadwal Tim Indonesia di SEA Games 2023 Hari Ini: Angkat Besi Berpotensi Emas

Menurut Mohammed, Indonesia di cabang olahraga angkat besi adalah negara yang kuat.

"Kami pun sangat mengapresiasi karena dari sisi doping, atlet Indonesia sejak dulu juga clean dari doping. Indonesia juga mendapat hasil yang bagus. Sepakat saya akan memberikan Kejuaraan Dunia IWF di Indonesia,” kata Jalood, Senin (15/5).

Okto berterima kasih atas kepercayaan Presiden IWF terhadap Indonesia. NOC Indonesia akan segera mengomunikasikan berita gembira ini kepada Ketua PB PABSI Rosan Roeslani.

“Tentu ini kesempatan luar biasa bagi kita, terutama bagi lifter-lifter kita. NOC Indonesia selalu mendorong agar semua cabang olahraga bisa membawa event internasional di sini,” kata Okto.

Baca Juga:

CdM Lexyndo Puji Persiapan Tim Angkat Besi Jelang SEA Games 2023 Kamboja

Jalood dan Okto sempat menonton langsung penampilan Rahmat pada debut manisnya di kelas 81 kg. Ia meraih emas usai membukukan total angkatan 359kg (snatch 158kg dan clean and jerk 201kg).

Dengan hasil tersebut, Rahmat menggeser rekor SEA Games yang dicatat kompatriotnya Rizki Juniansyah. Sebelumnya, Rizki yang di SEA Games Kamboja 2021 mencatat angkatan snatch 157kg. Sementara, rekor clean and jerk 200kg pada SEA Games 2021 dibuat Suepsuan Natthawut (THA) yang sekaligus memegang rekor total 355 kg.

Presiden IWF memuji penampilan Rahmat. Menurutnya, Rahmat memiliki fokus tinggi ketika berkompetisi.

Ini adalah kali pertama Rahmat turun di kelas 81kg, dan diproyeksikan menuju Paris di kelas ini.

Ia diyakini mampu meraih medali emas di Paris. Sebagai informasi, Rahmat dalam debutnya di Olimpiade 2020 Tokyo, ia meraih medali perunggu di kelas 73kg.

“Bukan cuma saya yang yakin, Presiden Jalood juga yakin Rahmat mampu meraih emas di (Olimpiade) Paris 2024. Ini harus kita jaga karena ke depan masih banyak event yang akan kita ikuti, termasuk kualifikasi Paris 2024,” ujar Okto. (Knu)

Baca Juga:

Atlet Angkat Besi Rahmat Erwin Abdullah Raih Medali Perak di Kejuaraan Asia 2022

#Angkat Besi #NOC Indonesia
Bagikan
Bagikan