Diperiksa Polisi soal Kasus Makar, Komjen (Purn) Sofyan Jacob Kebingungan Mantan Kapolda Metro Jaya Komjen (Purn) Sofyan Jacob - (Foto: Istimewa)

MerahPutih.com - Mantan Kapolda Metro Jaya Komjen (Purn) Mohammad Sofyan Jacob akan menjalani pemeriksaan sebagai tersangka terkait kasus dugaan makar.

Sofyan dipastikan hadir oleh kuasa hukumnya Ahmad Yani.

Tersangka kasus makar mantan Kapolda Metro Jaya Sofyan Jacob
Mantan Kapolda Metro Jaya Komjen (Purn) Sofyan Jacob ditetapkan sebagai tersangka kasus makar (Foto: konfrontasi.com)

"Insya Allah kita datang (nanti), pak Sofyan juga hadir. Iya nanti pukul 10.00 WIB," kata Yani kepada wartawan di Jakarta, Senin (17/6).

BACA JUGA: Percepatan Kongres PDIP Momen Penyerahan Kekuasaan Megawati ke Puan?

Yani mengaku kliennya tak ada persiapan termasuk barang bukti. Sebab, pihaknya mengklaim tak tahu kasus yang mana hingga kliennya dipolisikan dan dijadikan sebagai tersangka dan bahkan belum sama sekali diperiksa.

"Nggak tau. Kita malah nggak ngerti mau bawa barang bukti yang mana. Sampai saat ini penyidik belum menjelaskan, tahu-tahu pak Sofyan sudah jadi tersangka. Beliau belum pernah diperiksa sebagai saksi," kata Yani.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, penyidik sebelumnya sudah memeriksa puluhan saksi.

"Saksi 20 orang lebih kita sudah mintakan dan kita saksi ahli pun sudah kita periksa juga disana untuk kasus ini. Kasus makar ini sudah beberapa kami lakukan pemeriksaan," kata Argo.

Argo menegaskan, Sofyan ikut melakukan permufakatan jahat dan juga menyampikan kabar dan pemberitaan yang belum dicek kebenarannya.

Argo
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono. (Antara/Ricky Prayoga)

"Misalnya ada pemerintah yang kegiatan curang di sana, kemudian untuk kemenangan disampaikan juga. Tentunya yang berhak untuk menyampaikan juga pemilu adalah KPU secara UU yang sah untuk menyampaikan pemenangan," kata Argo.

BACA JUGA: Usai Kerusuhan 21-22 Mei, 43 Persen Warga Takut Berbicara Politik

Soal kemungkinan Sofyan bakal ditahan, Argo mengatakan hal itu tergantung penyidik.

"Tentu soal penahanan tergantung kewenangan penyidik," pungkas Argo.

Sofyan disangka melanggar Pasal 107 KUHP dan atau 110 KUHP juncto Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 dan atau Pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH