Diperiksa Bawaslu Soal Deklarasi Dukung Jokowi, Wali Kota Solo: Saya Petugas Partai Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menegaskan kapasitasnya menghadiri acara deklarasi 31 kepala daerah mendukung capres-cawapres nomor 01, Jokowi-Ma'ruf di Hotel Alila, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (26/1), sebagai kader partai yang sedang cuti.

Rudyatmo meyakini apa yang dilakukan dia bersama sejumlah kepala daerah tidak melanggar UU Pemilu.

"Kalau saya dilaporkan ke Bawaslu, ya silahkan. Kita ini kepala daerah yang tahu aturan," ujar Rudy sapaan akrab Wali Kota Solo saat ditemui di Rumah Dinas Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah, Rabu (13/2).

Rudy mengaku didatangi anggota Bawaslu Solo yang membawa surat tugas dari Bawaslu Jateng untuk memeriksa terkait acara deklarasi 31 kepala daerah di Jateng dukung Jokowi-Ma'ruf Amin.

Deklarasi dukungan Kepala Daerah Jawa Tengah terhadap pasangan Jokowi-Ma'ruf
Ganjar Pranowo bersama 31 kepala daerah di Jawa Tengah deklarasi dukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Hotel Alila, Solo Jawa Tengah, Sabtu (26/1).(MP/Ismail)

"Saya jelaskan kapasitas datang diacara deklarasi sebagai ketua DPC PDIP Solo. Saya jadi petugas partai menjabat Wali Kota Solo sudah mengajukan cuti," tegas Rudy.

Ia menegaskan meskipun cuti tetap bekerja melayani masyarakat. Hal itu sudah sesuai instruksi Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

"Saya juga jelaskan acara itu diinisiasi adalah Ganjar Pranowo. Undangan hanya disampaikan melalui aplikasi pesan singkat Whatsapp," papar dia.

Mantan Wakil Wali Kota Solo saat Jokowi menjadi Wali Kota Solo ini mengklaim tidak ada pelanggaran dalam pertemuan itu. Apalagi, kata Rudy, tidak ada fasilitas negara yang digunakan dalam kegiatan di Hotel Alila itu.

"Kita Sabtu-Minggu selalu koordinasi. Pelayanan ke masyarakat tetap jalan. Jadi tidak ada yang dilanggar," tuntas FX Hadi Rudyatmo.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya.

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Wapres Jusuf Kalla Benarkan Ada Kebocoran APBN 2018 Tapi Tak Sebesar Tudingan Kubu Sebelah



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH