Dinsos Jabar Temukan Upaya Penimbunan Bantuan Gempa Cianjur

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 07 Desember 2022
 Dinsos Jabar Temukan Upaya Penimbunan Bantuan Gempa Cianjur
Pengungsi korban gempa Cianjur. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi Jawa Baat mengklaim, kondisi pengungsi gempa bumi Cianjur mulai tertata dengan baik, walaupun dinamika di lapangan menunjukkan sejumlah fenomena, salah satunya penimbunan bantuan.

Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat telah didirikan 14 dapur umum di 14 kecamatan terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur dengan kemampuan satu dapur umum bisa memasok 70.000 nasi bungkus per hari kepada pengungsi.

Baca Juga:

PMI Bangun 500 Huntara dan Berikan Uang Tunai Bagi Korban Gempa Cianjur

Kepala Dinas Sosial Jawa Barat Dodo Suhendar mengakui, urusan pengungsi memang bukan hal yang sederhana dan tentang bantuan masih ada warga yang menginformasikan belum mendapat bantuan jika ada pejabat datang padahal bantuan sudah datang dari pihak lain.

"Karena melimpah, ada juga istri ketua RW yang menimbun bantuan, ini dinamika," katanya.

Dinas Sosial Jawa Barat meminta bantuan yang berlimpah tidak dimanfaatkan pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk menimbun.

"Jangan ada yang menimbun, ini akan membuat informasi soal bantuan tidak merata muncul, kemarin sempat muncul juga fenomena warga mencegat bantuan," katanya.

Selain itu, ia menuturkan ada sebagian masyarakat yang menolak tenda pengungsian dilokalisir dan memilih mendirikan tenda mandiri di sawah atau kebun dan juga menolak diberi bantuan.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah membentuk contact person atau narahubung di setiap desa, yakni Karang Taruna Desa dan Petugas Sosial Masyarakat sebagai fasilitator Puskesos.

Penunjukan contact person tersebut bertujuan untuk memperlancar dan memudahkan pelayanan kepada para pengungsi di Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur. (Imanha/ Jawa Barat)

Baca Juga:

Jokowi Pastikan Percepatan Pembangunan Relokasi Rumah Warga Korban Gempa Cianjur

#Gempa Bumi #Bencana Alam #Rawan Bencana
Bagikan
Bagikan