Dinkes Solo Jamin Perawatan Kesehatan Bayi Tanpa Tempurung Kepala

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 12 Maret 2021
Dinkes Solo Jamin Perawatan Kesehatan Bayi Tanpa Tempurung Kepala
Muhammad Arkan Naufal Hidayatullah bayi asal Solo lahir tanpa tempurung kepala, Senin (8/3). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Solo, Jawa Tangah memastikan Muhammad Arkan Naufal Hidayatullah, bayi yang lahir tanpa tempurung kepala akan tetap mendapatkan perawatan yang layak.

Hal tersebut sangat penting karena kondisi bayi butuh perhatian lebih karena lahir dalam kondisi tidak sempurna.

Baca Juga

Lahir Tanpa Tempurung Kepala, Bayi Asal Solo Ini Butuh Uluran Tangan Dermawan

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan, pihaknya akan terus memastikan kondisi bayi asal Solo yang lahir tanpa tempurung kepala dalam kondisi sehat. Pengawasan terhadap bayi terus dilakukan.

"Kami akan terus memberikan pendampingan agar bayi tersebut mendapatkan perawatan medis sesuai yang dibutuhkan," kata Ning sapaan akrabnya," Jumat (12/3).

Muhammad Arkan Naufal Hidayatullah (14 hari) bayi asal Solo lahir tanpa tempurung kepala, Senin (8/3). (MP/Ismail)

Muhammad Arkan Naufal Hidayatullah bayi asal Solo lahir tanpa tempurung kepala, Senin (8/3). (MP/Ismail)

Ia menjelaskan kondisi bayi saat ini sedang dirawat di rumah oleh kedua orang tuanya. Pemkot Solo sudah beberapa kali menjenguk bayi tersebut guna memantau kesehatannya.

"Kami pastikan bayi (Arkan) punya jaminan kesehatan. Jika sewaktu-waktu ada perawatan yang mengharuskan periksa ke dokter bisa ditangani segera," ucap dia.

Ning mengaku saat ini sedang menunjuk puskesmas setempat untuk memantau kondisi bayi selama 24 jam setiap harinya. Ia menegaskan seharusnya bayi itu mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit, tidak di rumah.

"Kedua orang tua bayi yang menginginkan agar bayi dirawat di rumah. Padahal, kami siap membantu memberikan fasilitas kesehatan jika dirawat di rumah sakit," tutur dia.

Ning menambahkan selama dirawat di rumah bayi tidak boleh digendong. Rumah sakit juga meminjami tabung oksigen pada bayi selama dirawat di rumah.

"Untuk minum susu harus pakai selang, tidak bisa langsung ASI," tutup dia.

Diberitakan sebelumnya, Muhammad Arkan Naufal Hidayatullah lahir tanpa tempurung kepala. Bayi pasangan Ayu Endang Pujiati (29) dan Syarifudin Hidayatullah (31) tersebut terlahir pada 22 Februari 2021.

Arkan panggilan akrabnya lahir secara caesar dengan berat 3 kilogram dan tinggi badan 4,8 sentimeter di sebuah rumah sakit swasta Kota Solo.

Ibu dari bayi Arka, Ayu mengaku sudah mengetahui kondisi Arkan terlahir tanpa tempurung kepala sejak kandungannya berusia 4 bulan.

Warga Kampung Sidorejo RT 01 /RW I, Kelurahan Mangkubumen, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, ini tidak bisa berbuat banyak terlebih Arka sudah bernyawa dengan kondisi seperti ini. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Busui! Ini Makanan Wajib agar Bayi Sehat dan Pintar

#Solo #Pemkot Solo #Bayi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan