Dinkes DKI: Keterpakaian Ruang Perawatan Pasien COVID-19 Menurun

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 10 Februari 2021
Dinkes DKI: Keterpakaian Ruang Perawatan Pasien COVID-19 Menurun
Warga keluar dari gerbang ruang isolasi mandiri bagi warga yang menderita COVID-19 di Kampung Tangguh Jaya RW 9, Johar Baru, Jakarta Pusat, Sabtu (30/1/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

MerahPutih.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyebut tingkat keterisian tempat tidur perawatan pasien terpapar virus corona di rumah sakit rujukan COVID-19 mengalami penurunan.

Kepala Dinkes DKI Jakarta Widyasturi mengatakan, pada beberapa minggu lalu, keterpakaian tempat tidur terjadi peningkatan hingga mencapai 85 persen. Dengan begitu, ruang perawatan pasien COVID-19 sisa hanya 15 persen.

Sekarang ini, tren ketersediaan ruang isolasi warga terkonfirmasi corona meningkat.

Baca Juga:

Dinkes DKI Dalami Kasus Vaksinasi COVID-19 Selebgram Helena Lim

"Saat ini angka di angka 73 persen ruang isolasi," ungkap Widyastuti di Jakarta, Rabu (10/2).

Widyastuti menyampaikan, hingga saat ini, di Jakarta ada sebanyak 106 rumah sakit rujukan COVID-19. Mereka tersebar di lima kota administrasi Jakarta.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti memberikan pernyataan di Balai Kota Jakarta, Sabtu (12/9/2020). (Antara/Ricky Prayoga)
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti memberikan pernyataan di Balai Kota Jakarta, Sabtu (12/9/2020). (Antara/Ricky Prayoga)

Dengan rincian, 19 RSUD milik Pemprov DKI, 9 RS vertikal, 6 RS Polri/TNI, 6 RS BUMN, dan 66 RS swasta.

"Kita ada 106 rumah sakit yang disiapkan di DKI, yang juga penambahan isolasi dari pemerintah pusat hotel atau wisma-wisma di DKI," ungkapnya.

Baca Juga:

Kemenkes Kirim 1,7 Juta Alat Tes COVID-19 ke 98 Kabupaten/Kota

Kemudian di Jakarta sudah ada 5 hotel yang dijadikan tempat isolasi mandiri pasien COVID-19 tanpa gejala. Sedangkan sebanyak 6 hotel masih dalam proses perombakan tempat isolasi mandiri pasien OTG.

Kelima hotel itu di antaranya Hotel Grand Asia Penjaringan, Hotel Ibis Senen, Hotel Ibis Style Mangga Dua, Hotel Twin Plaza Slipi, dan Hotel U-Stay Mangga Besar.

"Sekarang ketersediaannya 63 persen," tutupnya. (Asp)

Baca Juga:

168 Ribu Warga Berstatus Kasus Aktif COVID-19

#COVID-19 #Dinas Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan