Dinilai Rusak Estetika, Pemprov DKI akan Tertibkan Ondel-ondel Ondel-ondel Jakarta. (Foto: MerahPutih/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana akan melakukan penertiban pengamen ondel-ondel yang berkeliaran di jalan ibu kota Jakarta.

Penindakan itu dilakukan karena pengamen tersebut dinilai telah merusak estetika dari ondel-ondel yang merupakan warisan budaya leluhur Betawi.

"Kita rencananya memang juga ingin membenahi itu ondel-ondel itu," Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Asiantoro saat ditemui di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (13/12).

Alasan Pemprov menertibkan boneka raksasa itu, menurut dia, karena para pengais rezeki dari kesenian itu tidak terlalu memperhatikan unsur pendukung ondel-ondel seperti musik dan kostumnya.

Topeng Ondel-ondel di Sanggar Betawi Utan Panjang, di Jalan Utan Panjang III RT 014/05, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (11/1). (Foto: MP/Noer Ardiansyah)
Topeng Ondel-ondel di Sanggar Betawi Utan Panjang, di Jalan Utan Panjang III RT 014/05, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (11/1). (Foto: MP/Noer Ardiansyah)

Andai saja pengamen ini perhatikan semua unsur pendukung ondel-ondel ini, kata Asiantoro, Disparbud DKI bakal mendukung meski digunakan untuk mencari uang.

Karena secara tidak langsung para pengamen itu membantu Pemprov DKI melestarikan budaya asli Jakarta ini.

"Belakangan memang, satu dari kostumnya tidak betul. Kemudian dia tidak pake musik. sebenernya kan kalau dia pake musik itu sedang membantu Pemda untuk melestarikan kesenian," tuturnya.

Meski demikian, Asintoro menuturkan pihaknya masih mendiskusikan dengan berbagai pihak termasuk asosiasi ondel-ondel terkait penertiban ini.

"Ya, mungkin (bisa dipake buat ngamen) itu kita lagi diskusi itu sama lembaga yang menangani itu. kita sifatnya membina, pasti kalau dia kurang bagus, kita suruh bikin bagus," ungkapnya. (Asp)


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH