Dinilai Negatif, Billiard Ternyata Bisa Melatih Kemampuan Otak (Foto: Pexels/Tomaz Barcellos)

BERMAIN billiard dapat mengasah kemampuan otakmu. Olahraga dari Eropa Timur dan Perancis ini masuk dalam kategori olahraga konsentrasi. Sehingga membutuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang benar saat memainkannya.

Sayangnya, citra billiard menurun ketika olahraga ini biasanya dimainkan bersamaan dengan alkohol dan rokok. Meski begitu, menurunnya nama billiard tidak membuat olahraga sodok ini kehilangan penggemarnya. Bahkan, saat ini, ada banyak kompetisi billiard bergengsi yang dihelat.

Baca juga:

Tiga Manfaat Bermain Fidget Spinner

Nah, seperti apa peran billiard dalam melatih kemampuan otakmu?

1. Berimprovisasi Berpikir Kritis

Berpikir lebih kritis (Foto: Pexels/Asim Almanat)

Banyak bermain billiard membantu kamu membangun pikiran yang fokus. Olahraga ini juga membuatmu berpikir lebih keras dan kritis ketika berada di lapangan meja dan di dalam kehidupan nyata.

Dalam billiard, kamu harus menentukan ingin menyodok bola ke arah mana dalam waktu singkat. Begitu juga di kehidupan, terkadang kamu harus mengambil keputusan saat itu juga tanpa berpikir lama.

2. Pemikiran yang lebih Tajam

Kamu harus memiliki mental yang bagus (Foto: Pexels/Rene Asmussen)

Pemain billiard harus memiliki mental matematika dan perhitungan yang bagus. Kemampuan ini digunakan untuk memperhitungkan sudut dan tembakan yang harus diluncurkan untuk mengenai target. Pemikiran yang tajam membantu kamu untuk bisa menjadi lebih kritis dalam mengambil keputusan dan berpikir cepat.

Baca juga:

Main Puzzle Yuk, Banyak Manfaatnya

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Membangun rasa percaya diri (Foto: Pexels/Nappy)

Sebuah penelitian membuktikan bahwa seseorang yang rutin bermain billiard akan meningkat rasa percaya dirinya. Ya, secara tidak langsung, sambil menyodok bola-bola itu, kamu sekaligus membangun rasa percaya diri.

4. Mengelola Emosi

Pikiran dan emosi adalah kunci bermain billiard (Foto: Pexels/nappy)

Bermain billiard secara tidak langsung melatih otak motorik dan logika. Hal ini membantumu mengelola emosi pada dirimu. Ketika di dalam permainan, pikiran dan emosi adalah kunci untuk memenangkan permainan. Apabila emosi kamu berantakan, secara tidak langsung akan memberikan aura negatif pada otakmu dan permainan cenderung menjadi berantakan juga.

Yuk sahabat Merah Putih, mulai main billiard. Tapi ingat ya, jangan sambil minum alkohol dan merokok! (nic)

Baca juga:

Apa Saja Sih Manfaat Bermain Bowling?


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH