Dinas Pertanian Solo Bakal Tes Corona Hewan Kurban Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (DPKPP) Solo Jawa Tengah mengecek kesehatan hewan kurban. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Hari Raya Iduladha atau Hari Raya Kurban pada tahun ini diadakan di tengah pandemi COVID-19. Hal tersebut membuat Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (DPKPP) Solo, Jawa Tengah ekstra waspada mengingat hewan juga rawan terkena virus corona.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (DPKPP) Kota Solo Evi Nur Wulandari mengungkapkan, virus corona pada manusia berbeda dengan hewan. Corona pada hewan jenisnya alpha corona yang menyebabkan hewan sakit diare dan flu.

Baca Juga:

Empat Pedagang Positif Corona, Pasar Kopro Jakbar Ditutup

"Kalau corona pada manusia jenisnya COVID-19. Kami perlu mengantisipasi virus alpha corona pada hewan mengingat Iduladha banyak penjual hewan kurban musiman di Solo," ujar Evi, Senin (29/6).

Rawannya hewan kurban sapi dan kambing terkena virus alpha corona membuat pihak berwenang perlu melakukan tes swab. Namun demikian, untuk melakukan tes swab pada hewan diperlukan konsultasi dulu pada dokter spesialis hewan.

Penjual hewan kurban musiman bertebaran di Solo, Jawa Tengah pada Hari Raya Iduladha. (MP/Ismail)
Penjual hewan kurban musiman bertebaran di Solo, Jawa Tengah pada Hari Raya Iduladha. (MP/Ismail)

"Kami perlu konsultasi pada dokter spesialis hewan untuk mengetahui apakah virus alpha corona bisa menular pada manusia atau tidak," katanya.

Sementara itu, untuk mengawasi kesehatan hewan kurban di Solo, ia menerjunkan sehanyak 50 petugas kesehatan untuk berkeliling mengecek lokasi penjualan hewan kurban musiman. Petugas tersebut juga bertugas mengecek lokasi penyembelihan di masjid dan musala.

Baca Juga:

Dokter Reisa Sarankan Orang Beresiko Tinggi COVID-19 Olahraga di Rumah

"Kami beri edukasi pada takmir masjid dan panitia penyembelihan hewan kurban, agar tidak menggunakan plastik untuk membungkus daging," kata dia.

Ia menambahkan, proses penyembelihan hewan kurban pada tahun ini dilakukan dengan protokol kesehatan COVID-19. Hal tersebut sesui imbauan Wali Kota Solo di era new normal. (Ismail Soli/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Ilmuwan Korea Selatan Kembangkan Robot untuk Tes Swab Corona



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH