Din Syamsuddin Temui Syekh Abdullah Bin Bayyah Din Syamsuddin bersama Presiden Jokowi dan Ibu Negara. (setkab.go.id)

MerahPutih.com - Utusan Khusus Presiden RI untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban Din Syamsuddin menemui salah satu tokoh ulama besar dunia Syekh Abdullah Bin Bayyah di Abu Dhabi.

Seperti disampaikan dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin (12/3), Din Syamsuddin yang pada pertemuan tersebut didampingi Duta Besar RI untuk Persatuan Emirat Arab Husin Bagis, menyampaikan langsung undangan dari Presiden RI kepada Syekh Abdullah untuk menghadiri Konsultasi Tingkat Tinggi (KTT) Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia pada 1-3 Mei 2018 di Bogor.

Dalam pertemuan tersebut, Din Syamsuddin menjelaskan bahwa Indonesia, khususnya umat Islam, sudah mengamalkan prinsip Islam yang moderat, baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun berbangsa dan bernegara.

"Sistem kenegaraan Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 mencerminkan nilai-nilai Islam yang moderat," kata Din Syamsuddin dilansir Antara.

Shyekh Abdullah Bin Bayyah menyampaikan apresiasi atas undangan acara KTT Bogor yang akan datang.

Dia juga memuji umat Islam Indonesia, yang dikenal selalu menampilkan Islam sebagai agama kasih sayang dan perdamaian. Menurut dia, umat Islam Indonesia dapat menjadi contoh bagi umat Islam di negara-negara lainnya.

KTT Bogor yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia merupakan bagian dari upaya mempromosikan pengalaman Indonesia dalam mengembangkan Islam moderat ke seluruh dunia. KTT Bogor tersebut akan dihadiri oleh sekitar 50 ulama dan cendikiawan Muslim dari berbagai belahan dunia.

Shyaikh Abdullah Bin Bayyah diundang untuk hadir dalam KTT dimaksud mengingat ia adalah tokoh ulama terkemuka di dunia yang juga saat ini menjadi Presiden Forum Promosi Perdamaian di Masyarakat Muslim, yang kantornya berada di Abu Dhabi.

Di sela-sela kegiatan kunjungan itu, Din Syamsuddin juga menyempatkan diri bertemu dengan sejumlah masyarakat Indonesia di Wisma Duta di Abu Dhabi.

Pada kesempatan tersebut, Din dan warga Indonesia yang hadir berdialog membahas sejumlah hal, antara lain konsep Islam moderat yang dipromosikan Indonesia dan berbagai tantangan yang saat ini tengah dihadapi dunia Islam. (*)


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH