Din Syamsuddin Sebut Kerukunan Umat Beragama di Indonesia Relatif Baik Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Din Syamsuddin (kiri) (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

MerahPutih.Com - Kerukunan dan hubungan antar umat beragama di Indonesia masih relatif baik. Alasannya, meski beragam agama, Indonesia minim konflik-konflik yang dipicu oleh agama.

Penilaian tersebut disampaikan Utusan Khusus Presiden Bidang Dialog Kerja Sama Antaragama dan Peradaban, Din Syamsuddin.

"Hal itu karena agama-agama di Indonesia mengambil jalan tengah atau moderat," kata Din saat menemui perwakilan PGI di Jakarta, Senin (30/10).

Din Syamsuddin sebagaimana dilansir Antara mengatakan saat ini kerukunan antarberagama terganggu karena hal-hal yang bersifat nonagama seperti politik.

Untuk itu, perlu usaha keras dari para tokoh agama untuk meredam masalah tersebut, Dia menginginkan semua pihak ikut menjaga kemajemukan tersebut sebagai bagian dari Bhinneka Tunggal Ika.

Din mengatakan kerukunan antarumat beragama akan terjaga karena masyarakat Indonesia mengedepankan dialog dan mencari jalan tengah.

Din mengatakan setelah menemui PGI, akan menemui majelis agama lainnya seperti Konferensi Waligereja Indonesia pada Selasa (31/10).

Pertemuan itu dilakulan untuk mendapat dukungan sekaligus ide dari majelis-majelis antaragama untuk menjalankan tugasnya.

Ketua PGI Pendeta Henriette Hutabarat Lebang mengatakan kerja sama antaragama sangat strategis untuk membangun kebersamaan masyarakat Indonesia. Henriette Hutabarat Lebang mengatakan semua pihak memiliki tanggung jawab untuk merawat kemajemukan.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH