Dimanakah Dua Piano John Lennon Saat Ini? John Lennon dan Yoko Ono. (Foto: Mirror)

ADA dua piano John Lennon yang mempengaruhi jalan musik dunia. Pertama adalah piano John Broadwood and Sons yang dibuat di tahun 1872. Piano yang dilukis dengan gaya flower generation itu digunakan untuk menggubah lagu Lucy in the Sky with Diamonds dan A Day in the Life.

Piano itu menjadi bagian dari partitur Lucy in the Sky with Diamonds, Good Morning, Good Morning dan Being for the Benefit of Mr. Kite!. Piano itu dilelang dengan harga Rp26,4 miliar.

Lennon membeli piano itu di tahun 1960-an. Ia menggunakannya dalam kurun waktu 1964-1968 sewaktu masih tinggal di Kenwood, Surrey. Di rumahnya itu ia memiliki studio musiknya sendiri. Setelah bercerai dengan Cynthia, Lennon pindah tinggal serumah dengan Yoko Ono di Tittenhurst Park, Berkshire.

(Foto: Mirror)

Ketika keduanya pindah ke Amerika, piano itu diberikan pada seorang teman mereka. Sedangkan rumah di Tittenhurst itu dibeli oleh Ringo Starr.

Satu piano lagi yang berwarna putih, Steinway, dibeli oleh penyanyi Inggris, George Michael di tahun 2000 melalui lelang, dengan harga Rp31 miliar. Alasan Michael membeli piano itu agar tetap berada di tanah Inggris. Kabarnya piano itu saat ini ada di museum the Beatles Story di Liverpool.

Piano ini tadinya dipinjamkan oleh pemilik sebelum George Michael. Ia memilikinya sejak tahun 1992. Ketika pemiliknya hendak melalangnya ada kekhawatiran akan keluar dari Inggris, seperti ke Jepang atau Amerika.

Lennon membeli piano itu langsung dari pabriknya Steinway di tahun 1970. Piano Model Z itu dikirim langsung dari Hamburg ke studio Ascot Sound. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH