Dilarang Swafoto di Lokasi ini Melancong ke destinasi wisata tertentu bukan berarti bebas melakukan swafoto. (Foto: Pexels/Farhan Ullah Baig)

MELANCONG tanpa mengambil foto sepertinya ada yang kurang. Terutama bila kamu memang suka berswafoto untukmenunjukan eksistensi kamu di medsos.

Berfoto boleh-boleh saja, namun berswafoto tidak selamanya diizinkan. Menurut laman the Travel ada beberapa tempat bersejarah yang dilarang melakukan swafoto. Ini untuk menunjukan penghormatan pada lokasi dan lingkungan sosialnya. Jangan coba-coba melakukan swafoto atau kamu akan dianggap tidak sopan dan melanggar norma yang ada.

1. Vietnam Memorial

vietnam memorial
Vietnam Memorial Wall (foto Vantage Point)

Selama perang Vietnam lebih dari 58 ribu orang menjadi korbannya. Untuk mengenang korban perang itu makan dibangun dinding yang panjang dan besar berisikan nama-nama pejuang Vietnam. Dinding ini digunakan para kerabat untuk mengenang keluarganya yang sudah tiada. Jika kamu berswafoto disana kamu akan dianggap sangat menjengkelkan.

2. Hiroshima Peace Memorial Park

hiroshima
Hiroshima Peace Memorial Park (Foto Traveling I Love)


Hiroshima adalah kota pertama yang dijatuhi bom atom oleh Amerika. Hiroshima dan Nagasaki menjadi momentum berakhirnya perang dunia II yang ada di Asia Pasifik. Pada saat itu bom atom memakan puluhan ribu jiwa tewas seketika. Untuk menghormati korban dan mengenang peristiwa itu dibuatlah taman yang memiliki sisa bangunan yag paling dekat dengan titik ledak pertama. Selain itu ada juga patung anak yang melambangkan bahwa banyak sekali anak-anak yang tewas dalam serangan menegerikan itu. Jadi sangat tidak etis jika kamu berswafoto disana.

3. Rwandan Genocide Memorials

rwanda
Rwandan Genocide Memorial (foto ttnotes)


Genosida adalah istilah untuk pemusnahan massal pada golongan atau ras tertentu. Pusat genosida yang ada di Kigali ditemukan korban sebanyak 250 ribu jiwa. Korban ini dikuburkan dalam kuburan massal, kemudian beberapa tengkorak yang tersisa dijadikan semacam pengingat pada kekejaman itu. Sementara di daerah Nyamata masih ada noda darah yang tersisa dari orang yang meninggal disana. Jadi kamu tidak perlu bertanya boleh atau tidak disana untuk berswafoto. (ape)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH