Dilarang Demo  Istana, Mahasiswa Sebut Jokowi Fasis Demo Mahasiswa saat hari Sumpah Pemuda (MP/Kanu)

Merahputih.com - Teriakan Jokowi fasis menggema dalam aksi elemen mahasiswa di kawasan Patung Kuda, Gambir. Mereka menuduh, sang Presiden sebagai sosok yang anti terhadap kritis.

Massa berjumlah sekitar 200an orang. Mereka membawah spanduk yang berisi kata-kata menyudutkan pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf Amin, sambil berteriak, "Jokowi Fasis. Jokowi Anti Demokrasi."

Aliansi Mahasisa dan Pemuda Bergerak mengatakan pemerintahan Jokowi bersama Ma'ruf Amin menggambarkan bagaimana semakin kuatnya oligarki kekuasaan di Indonesia saat ini.

Baca Juga:

Takut Kantor Jokowi Dikepung Mahasiswa, Polisi Terpaksa Lakukan Ini

demo mahasiswa
Demo Mahasiswa saat hari Sumpah Pemuda (MP/Kanu)

"Pemerintahan Jokowi meninggalkan banyak persoalan yang tak bisa diselesaikan. Apalagi beberapa cara ia lakukan dengan tak demokratis," kata orator di atas mobil komando, Jakarta, Senin (28/10).

Orator pun menyoroti sejumlah kebijakan yang berdampak buruk bagi perekonomian masyarakat, misalnya kenaikan iuras BPJS, revisi UU Ketenagakerjaan hingga kenaikan biaya listrik. Isu kehadiran aparat militer dan operasi keamanan yang dituding melakukan perampasan terhadap hak rakyat juga menjadi sorotan pendemo.

"Belum lagi politik pecah belah melalui paramiliter di Papua yang membuat rakyat makin terindimidasi. Jelas sekali Jokowi bertanggungjawab penuh atas kekerasan dan politik rasis di Papua," teriak dia dalam orasinya.

Baca Juga:

Hari Sumpah Pemuda, Ribuan Mahasiswa Kepung Istana Tuntut Janji Jokowi

Penutupan jalan depan Istana Merdeka Jakarta, beberapa waktu lalu.(ANTARA/Laily Rahmawaty)
Penutupan jalan depan Istana Merdeka Jakarta, beberapa waktu lalu.(ANTARA/Laily Rahmawaty)

Lebih jauh, massa pendemo juga mengkritik kebijakan pemerintah yang menutup ruas jalan menuju kawasam Istana. Pasalmya hal itu mengekang hak rakyat. "Kami dilarang menyalurkan aspirasi depan Istana dengan adanya penutupan jalanan. Ini sungguh suatu bentuk pelarangan aksi yang demokratis," teriak dia. (Knu)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH