Dilaporkan ke Polisi, Hadi Pranoto Ancam Lapor Balik dan Tuntut 10 Miliar Dolar Video Anji (kanan) dan Hadi Pranoto yang sempat viral di You Tube.(Tangkapan layar dari Youtube Anji)

MerahPutih.com - Praktisi kesehatan Hadi Pranoto mengaku tak masalah dirinya dilaporkan ke polisi atas dugaan penyebaran berita hoaks.

Hadi mengatakan bakal mengikuti aturan hukum karena yakin apa yang ia lakukan baik bagi bangsa.

"Saya ikutin saja aturan hukum yang ada di Indonesia terkait video semuanya dan saya lakukan semua untuk kepentingan bangsa dan negara bukan untuk kepentingan saya," kata Hadi kepada wartawan di Jakarta, Selasa (4/8).

Baca Juga:

Dilaporkan Dugaan Hoaks, Musisi Anji dan Hadi Pranoto Bakal Diperiksa

Hadi melanjutkan, jika pelaporan Muannas Alaidid itu merugikan, ia berencana melaporkan balik. Bahkan menuntut ganti rugi atas pencemaran nama baiknya sebesar USD10 miliar.

"Itu tidak seberapa 10 miliar dolar itu dibanding hasil karya yang saya dapatkan. Jadi ya semuanya itu pasti ada konsekuensinya, saya memberikan edukasi kepada masyarakat," jelas Hadi.

Hadi menuturkan, ia memberikan edukasi ke masyarakat soal produk herbal dan jamu yang menyehatkan.

"Sebenarnya saya menyampaikan ini ada herbal bagus, sama saja seperti kita minum jamu, jamu gendong badan jadi segar kuat. Sehingga kita tidak gampang terserang oleh flu, sama jadi herbal ini kalau kita minum bisa menguatkan badan kita bisa membuat antibodi kita bagus kemudian kita akan terbebas dan bisa melawan COVID-19," ungkap Hadi.

Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid perlihatkan surat laporan polisi terhadap Musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji dan Hadi Pranoto terkait dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks obat COVID-19 di Mako Polda Metro Jaya, Senin (3/8/2020). ANTARA-HO-Ist
Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid perlihatkan surat laporan polisi terhadap Musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji dan Hadi Pranoto terkait dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks obat COVID-19 di Mako Polda Metro Jaya, Senin (3/8/2020). ANTARA-HO-Ist

Ia mengklaim, ramuannya mampu menyehatkan si peminum.

"Kemudian ini sudah dikasih minta lagi terus mereka menyampaikan 'Pak badan saya jadi enak, badan jadi segar, saya bisa beraktivitas, saya bisa bekerja'. Nah itu kan satu hal yang baik," imbuh dia.

Oleh sebab itu, Hadi justru meminta agar ramuannya diberikan pengakuan.

"Saya membantu ini tujuannya untuk meringankan beban pemerintah itu. Pemerintah bisa kita support, kebijakan presiden kita bisa support. Kita bisa meringankan dan memberikan suatu dampak yang positif kepada masyarakat Indonesia yang saat ini terpapar COVID-19," tutup pria asal Bogor ini.

Baca Juga:

Masyarakat Diminta Berhati-hati dengan Klaim Obat Corona Viral di Medsos

Sebelumnya diberitakan, musisi Erdian Aji Prohartanto alias Anji dilaporkan Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid, ke Polda Metro Jaya, Senin 3 Agustus 2020.

Selain Anji, Hadi Pranoto yang mengaku sebagai pakar mikrobiologi yang diwawancara Anji melalui kanal Youtube @duniamanji juga dipolisikan.

Laporan diterima dengam nomor LP/4538/VIII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ dengan pelapor atas nama Muannas sendiri.

Di mana terlapornya adalah Hadi Pranoto dan pemilik akun YouTube Duniamanji. Untuk pasal yang dilaporkan, yakni terkait tindak pidana bidang ITE atau menyebarkan berita bohong. (Knu)

Baca Juga:

Hadi Pranoto Klaim Temukan Obat COVID-19, Kemenkes Minta Saring Sebelum 'Sharing' Informasi


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH