Dilantik Jadi Menpan RB, Syafruddin Siap Lanjutkan Tugas Asman Abnur Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Komjen Pol Syafruddin melaksanakan serah terima jabatan (Sertijab) dengan Asman Abnur di kantor KemenPAN RB. Foto: MP/Gomes

MerahPutih.com - Usai dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) di Istana Negara, Komjen Pol Syafruddin langsung melaksanakan serah terima jabatan (Sertijab) dengan Asman Abnur.

"Apa yang sudah dilaksanakan Pak Asman akan dilanjutkan karena programnya cukup baik," kata Syafruddin dalam acara Sertijab di Kantor Kemenpan RB, Jakarta, Rabu (15/8).

Sementara itu, Kemenpan RB memiliki visi dalam mewujudkan aparatur negara yang berkepribadian, bersih, dan kompeten untuk mencapai kualitas pelayanan publik yang berkinerja tinggi adalah visi yang perlu diwujudkan. Hal ini sesuai dengan pesan Presiden Jokowi yang menyatakan, semua program yang sudah dijalankan oleh Asman Abnur harus tetap dilanjutkan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Komjen Pol Syafruddin melaksanakan serah terima jabatan (Sertijab) dengan Asman Abnur di kantor KemenPAN RB. Foto: MP/Gomes

"Kita akan menyelesaikan yang semua tugas yang tersisa," tambahnya.

Di tempat yang sama, Asman Abnur mengharapkan apa yang sudah dicapainya akan dilanjutkan oleh Syafruddin. Sekaligus menjawab aspirasi masyarakat dan tantangan global yang menuntut birokrasi yang makin responsif dan melayani.

"Saya berharap capaian-capaian Kementerian PANRB dapat dilanjutkan dan terus ditingkatkan," kata Asman.

Menurut Asman, terdapat empat program besar yang dijalankan dalam memperbaiki tata kelola pemerintahan. Di antaranya ialah peningkatan efektivitas dan efisiensi birokrasi, mewujudkan kelembagaan pemerintahan yang efektif dan efisien, pembangunan SMART ASN dalam rangka mewujudkan World Class Government, dan Peningkatan Pelayanan Publik.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Komjen Pol Syafruddin melaksanakan serah terima jabatan (Sertijab) dengan Asman Abnur di kantor KemenPAN RB. Foto: MP/Gomes

"Dalam reformasi sumber daya aparatur, juga telah melakukan berbagai langkah perbaikan dengan sasaran terwujudnya rekrutmen ASN yang makin kredibel, transparan dan akuntabel setelah empat tahun moratorium. Saat ini, penerimaan CPNS dengan sistem online sudah bebas dari KKN," tuturnya.

Lebih lanjut Asman Abnur mengatakan, seluruh jajaran Kemenpan RB akan tetap mendukung pelaksanaan tugas Menpan RB. Apalagi pada dasarnya apa yang dilakukan Kementerian RB demi kemajuan Indonesia.

"Budaya kerja Kementerian PANRB yang melayani dan berbasis kinerja akan membantu Bapak (Syafruddin) dalam mewujudkan dan menyelesaikan tugas Bapak dengan sebaik-baiknya," tutupnya.

Berita ini merupakan laporan Gomes Roberto, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Bekasi dan sekitarnya.



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH