Dikusi Bedah Kontrak; Jangan Mau Kalah sama EO Kontrak harus dibaca dengan baik dan teliti. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

KESADARAN mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang luas membuat generasi milenials mendatangi M Bloc Space pada Senin kemarin (9/3). Disini digelar talkshow yang membahas kontrak kerja bagi musisi.

Talkshow yang dimoderatori oleh Kadri Mohammad (Advokat dan Musisi) dengan dua pembicaranya Arry Syaff (advokat dan musisi), Jeane Phialsa (drummer dan pengajar).

Baca Juga:

Tepat di Hari Musik Nasional, The Rain Rilis Single 'Today For Our Tomorrow'

musik
Adanya perlindungan ketenagakerjaan dengan kontrak kerja. (Foto: instagram_@viscralofficial)

Talkshow dimulai pada pukul 13.00 menarik peserta yang sangat antusias mengikuti diskusi ini. Arry Syaff membeberkan tentang kontrak kerja bagi musisi di panggung ataupun musisi yang bekerja di kafe, resto dan hotel. Sementara Jeane Phialsa atau yang dikenal dengan Elsa membagikan pengalamannya selama berkiprah di dunia musik.

"Anak band harus setara dan menjadi bagian dalam kesuksesan acara. Jadi jangan mau kalah sama EO," tegas Arry.

Arry juga menekankan bahwa musisi harus paham tentang kontrak kerja yang ditandatangani. Ia juga mengatakan bahwa harus ada hitam diatas putih. Kemudian, jangan lupa bahwa musisi juga bergantung pada pasal yang mengandung ketenagakerjaan. Karena untuk saat ini pasal yang diciptakan juga belum spesifik, makanya menggunakan pasal tenaga kerja.


Baca Juga:

Tidak Biasa, Konser Musik Kini Tidak Hanya Ditampilkan di Atas Panggung

musisi
Musisi harus mempelajari kontrak kerjanya. (Foto: (Foto: MP/Bella Fladiner)


Elsa menambahkan, "Jangan mau menandatangani kontrak di tempat! Minta draft emailnya terlebih dulu. Jadi bisa dipelajari kalau ada kalimat yang multi-tafsir."

Talkshow juga dihadiri oleh wartawan-wartawan senior dari media-media berpengaruh. Keseruan masih belum berakhir pada hari ini (10/3) akan menampilkan banyak nara sumber berpengaruh seputar dunia musik. (bfm)


Baca Juga:

Mencari Kebahagiaan Lewat Musik? Temukan di 4 Lagu Ini



Paksi Suryo Raharjo