Dikritik soal Acara Rizieq Shihab, Anies Singgung Kerumunan Massa Pilkada

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 16 November 2020
Dikritik soal Acara Rizieq Shihab, Anies Singgung Kerumunan Massa Pilkada
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengklaim selalu memberikan sosialisasi tentang aturan dan ketentuan yang ada di ibu kota terkait protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Arahan Pemprov ini juga berlaku dalam peringatan Maulid Nabi dan pernikahan putri Imam Besar FPI, Rizieq Shihab lalu.

"Ketika kita mendengar kabar ada sebuah kegiatan, maka secara proaktif mengingatkan tentang ketentuan yang ada," ujar Gubernur DKI Anies Baswedan di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (16/11).

Menurut dia, surat imbauan kegiatan Maulid Nabi dan pernikahan itu dilakukan Wali kota Jakarta Pusat kepada Rizieq Shihab. Sebaliknya, Anies mengklaim kebijakan ini malah jarang dilakukan oleh wilayah lain di Indonesia.

Baca Juga

Kerumunan Massa Rizieq Shihab Dinilai Buyarkan Upaya Pemerintah Berantas COVID-19

"Anda boleh cek wilayah mana di Indonesia yang melakukan pengiriman surat mengingatkan secara proaktif bila terjadi potensi pengumpulan," jelas Anies.

Orang nomor satu di Jakarta ini pun mencontohnya terkait perhelatan Pilkada serentak tahun ini, Anies menyakini tak ada surat peringatan resmi untuk menjalankan protokol kesehatan dalam Pilkada 2020.

"Anda lihat Pilkada di seluruh Indonesia sedang berlangsung, adakah surat (resmi) mengingatkan penyelenggara tentang pentingnya menaati protokol kesehatan?" tanya Anies.

Ketika terjadi pelanggaran protokol kesehatan, papar dia, maka itu akan ditindak sesegera mungkin. Dalam waktu kurang dari 24 jam.

Baca Juga

Wagub DKI Akui Ada Peningkatan Kasus Corona Imbas Libur Panjang

"Jadi yang dikerjakan adalah sesuai dengan ketentuan peraturan yang ada. Dan itulah fungsi dari pemerintah. Pemerintah menjalankan sesuai dengan ketentuan. Ketentuannya diatur di mana? Ada Peraturan Gubernur dan itu yang menjadi rujukan," tutup orang nomor satu di Pemprov DKI itu. (Asp)

#Anies Baswedan #Rizieq Shihab
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan