K-Drama
Song Kang, 'Son of Netflix' Penakluk Beragam Peran Song Kang telah tampil di empat drama Netflix. (foto: Instagram @songkangfanbase)

KARIERNYA mungkin belum sepanjang para sunbae, tapi Song Kang jelas tak boleh dianggap biasa. Setelah debut di 2017 lewat peran pendamping di drama The Liar and His Lover, wajah Kang mulai wara-wiri di industri hiburan Korea Selatan.

Aktor kelahiran 23 April 1994 ini dinominasikan di kategori Rookie Award pada SBS Entertainment Award. Nominasi itu ia terima atas penampilannya sebagai host acara musik Inkigayo dan variety show Village Survival, the Eight.

Lampu sorot makin mengarah kepada Kang saat ia membintangi drama Netflix Love Alarm pada 2019. Bintang yang menolak tawaran sebagai idola K-pop ini mengalahkan 900 aktor lain yang diaudisi untuk peran Hwang Sun-oh.

BACA JUGA:

Setelah Monster, Song Kang Jadi Fakboi di ‘Nevertheless’

Penampilan Kang di Love Alarm sukses bikin banyak orang baper. Tidak mengehrankan jika Netflix ikut kepincut pesona aktor 27 tahun ini. Hingga Juli 2021, Kang telah membintangi empat drama Netflix. Hal itu membuatnya mendapat julukan 'Son of Netflix'.

Dengan predikat aktor yang laris dikontrak layanan streaming ternama itu, Kang membuktikan diri sebagai aktor yang tak takut mengambil peran berbeda di tiap drama. Sejauh ini, ia memang memerankan karakter berbeda di tiap drama. Termasuk di drama terakhirnya, Neverthless.

1. Chaebol sedih yang kurang perhatian

love alarm
Song Kang mencuri perhatian di Love Alarm. (foto: Instagram @lovealarmofficial)

Setelah mengalahkan 900 saingan untuk audisi Love Alarm, Kang membawakan karakter Hwang Sun-oh. Karakter itu digambarkan sebagai anak konglomerat (chaebol) yang tumbuh tanpa cinta dan kasih sayang orangtua. Sun-oh yang baru kembali ke Korea masuk ke sekolah yang sama dengan Kim Jo-jo. Keduanya bertemu dan timbullah percikan cinta itu.

Dengan tinggi 185 cm, bahu bidang, dan senyum cerah, Kang dengan mudah menampilkan karakter anak orang kaya yang terkenal dan tampan. Lebih daripada itu, Kang dengan baik memerankan karakter yang berani mengungkapkan perasaannya kepada gadis yang disuka. Hal itulah yang membuatnya sukses mencuri perhatian penonton.

Di season kedua Love Alarm, karakter Sun-oh muncul dengan sisi lain. Keberanian dan kebebasannya dalam menyatakan perasaan cinta berubah menjadi kesedihan. Tragedi di akhir season pertama mengubah Sun-oh menjadi sad boy. Kang berubah dari sweet talker menjadi pria sedih yang merindukan cinta pertamanya.

2. Siswa depresi yang berubah jadi monster dengan rasa kemanusiaan

Sweet Home
Menurunkan berat badan demi peran di Sweet Home. (foto: Instagram @sweethomenetflix_)

Tak lama setelah tampil di Love Alarm, Kang kembali bermain di drama Netflix lainnya, Sweet Home. Drama horor yang diangkat dari webtoon itu benar-benar berbeda dari drama sebelumnya yang diperankan Kang.

Setelah tragedi yang menimpa keluarganya, Cha Hyun-soo--karakter yang diperankan Kang--memutuskan meninggalkan rumah dan pindah ke apartemen Green Home. Tak lama setelah Hyun-soo pindah, terjadi sebuah kekacauan. Manusia berubah menjadi monster. Mereka mengincar manusia lainnya. Para penghuni apartemen kemudian memutuskan mengunci diri di dalam bangunan. Berharap bisa selamat.

Namun, di tengah kekacauan itu, Hyun-soo, siswa SMA yang depresi dan punya pikiran bunuh diri, malah berubah menjadi monster. Menolak menyakiti manusia lainnya, Hyun-soo berjuang melawan hasrat monsternya. Alih-alih, ia memanfaatkan kekuatannya untuk memerangi para monster.

“Saya mencoba membayangkan seperti apa Hyun-soo dalam kehidupan nyata, merenungkan bagaimana menunjukkan diriku sebagai seorang penyendiri dan introvert. Saya membayangkan ekspresi wajah seseorang yang tidak memiliki keinginan untuk hidup dan sedang menunggu kematian,” tutur Song, seperti dilansir The Korean Herald.

Sebenarnya, menurut Zula, Kang terlalu berotot untuk memerankan Hyu-soo di Sweet Home. Meski demikian, untuk memerankan siswa SMA sebatang kara yang depresi, Kang rela memangkas bobot tubuh hingga menghilangkan sejumlah otot. Kang, seperti dikabarkan SCMP, mewarisi gen atletis dari sang ayah yang merupakan seorang atlet.

BACA JUGA:

Diprediksi Bersinar, 3 Aktor Korea Paling Dinanti di 2021

3. Balerina berbakat yang butuh motivasi

navillera
Belajar balet demi bermain di Navillera. (foto: Netflix.com)

Dengan tubuh Kang yang atletis, tak sulit membayangkannya menjadi seorang balerino. Tetap saja, ia menjalani enam bulan latihan balet demi memerankan karakter Lee Chae-rok di drama Netflix Navillera.

Navillera berkisah tentang kakek 70 tahun bernama Sim Deok-chul (Park In-hwan) yang sangat ingin menjadi balerino. Saat mengetahui dirinya mengidap alzheimer, Deok-chul memutuskan mengejar mimpi masa mudanya, yakni tampil menari balet di atas panggung. Ia hanya ingin menarikan Black Swan dan merasakan 'terbang'.

Ia kemudian bertemu Lee Chae-rok, seorang balerino muda yang kehilangan motivasi. Di usia 23 tahun, Chae-rok yang berbakat dalam balet harus berjuang secara finansial untuk meraih mimpinya. Kecintaannya pada balet perlahan memudar saat ia dihdapkan pada banyak kesulitan.

Namun, pertemuannya dengan Deok-chul mengubah Chae-rok selamanya. Kegigihan kakek 70 tahun itu menginspirasi Chae-rok. Karakter Chae-rok yang ketus, tidak peduli, dan arogan perlahan berubah saat Deok-chul masuk ke kehidupannya. Hubungan keduanya berkembang seiring waktu. Momen-momen keduanya membuat Navillera menggugah dan menyentuh.

Kang menampilkan Chae-rok dengan sangat baik. Ia bisa terlihat aroga, gigih, tapi rapuh dan peduli di saat yang sama. Karakter asli Kang yang introvert dan pemalu sepertinya membantunya memerankan Chae-rok dengan baik.

4. Neverthless

neverthless
Tampil berani di Neverthless.(foto: Instagram @jtbcneverthless)

Di Juni 2021, Kang kembali ke layar Netflix lewat drama Neverthless. Kali ini ia tampil berani di drama dengan rating 19+.

Neverthless merupakan drama adaptsi dari webtoon laris Korea. Kang memerankan karakter Park Jae-eon, seorang mahasiswa yang terpikat pada Yoo Na-bi (diperankan Han So-hee dari drama The World of the Married).

Kisah Neverthless diawali romansa kabur antara Na-bi dan Jae-eon. Na-bi ialah perempuan yang mendambakan hubungan, tapi tak percaya cinta. Di lain sisi, Jae-eon ialah pria penggoda, tak tertarik menjalin hubungan. Ketika keduanya bertemu, kekacauan itu dimulai.

Setelah dua episode pertama tayang, sejumlah penonton mengomentari penampilan aktor yang menyebut Leonardo DiCaprio sebagai sumber insprasi ini. Banyak yang geregetan dengan karakter Jae-eon. Ia terlihat ramah, menggoda para perempuan, tapi di saat yang sama, karakter yang diperankan Kang itu misterius dan susah diraih.

Kombinasi karakter yang rumit, kisah yang kabur, dan adegan mesra Kang dan So-hee membuat Neverthless diperbincangkan. Sutradara Kim Ga-ram memuji betapa chemistry Kang dan So-hee bisa amat terjalin dengan kuat. Chemistry itu telah terlihat sejak foto-foto dan video teaser serial ini beredar. Usia yang terpaut tidak terlalu jauh membuat mereka memiliki chemistry yang cukup kuat.

“Ada banyak adegan yang menggetarkan hati di dalam drama kami,” kata Song Kang tentang drama terbarunya bersama Netflix ini.(dwi)

Penulis : Dwi Astarini Dwi Astarini
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Bagaimana Cara Mengetahui Asuransi Mobil yang Baik?
Fun
Bagaimana Cara Mengetahui Asuransi Mobil yang Baik?

Sama seperti manusia, mobil juga butuh asuransi.

Enggak Melulu Penuh Tawa, Begini Suka Duka Panitia Pensi Sekolah
Hiburan & Gaya Hidup
Enggak Melulu Penuh Tawa, Begini Suka Duka Panitia Pensi Sekolah

Pernahkah kamu merasakan jadi panitia pensi?

Alasan Paling Klise Putus Cinta, Maaf Kamu Terlalu Baik Buat Aku
Hiburan & Gaya Hidup
Alasan Paling Klise Putus Cinta, Maaf Kamu Terlalu Baik Buat Aku

sekalimat paling klise sebagai alasan untuk menolak atau mengakhiri hubungan percintaan

Royal Enfield Ajak Lady Bikers Jelajahi Ibu Kota Naik Moge
Fun
Royal Enfield Ajak Lady Bikers Jelajahi Ibu Kota Naik Moge

Royal Enfield menggelar riding eksklusif untuk pengendara perempuan menjelajahi jalanan Ibu Kota.

Legend of Mana Kembali Hadir sebagai Remaster Gim Konsol dan PC
Fun
Legend of Mana Kembali Hadir sebagai Remaster Gim Konsol dan PC

Sebelumnya, Square Enix juga membuat remake dari gim aslinya

Galeri Seni Virtual hingga Donasi, Hadiah dari ARMY untuk RM BTS
ShowBiz
Galeri Seni Virtual hingga Donasi, Hadiah dari ARMY untuk RM BTS

Kim Namjoon aka RM genap berumur 27 tahun.

Tips Memilih Klinik Kecantikan yang Berkualitas
Fun
Tips Memilih Klinik Kecantikan yang Berkualitas

Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam memilih klinik kecantikan.

Siapa Bilang Cuma 'F9' Film Bagus yang Tayang Juni
Fun
Lagi, BTS Masuk Nominasi GRAMMY Awards 2022
Fun
Lagi, BTS Masuk Nominasi GRAMMY Awards 2022

Apakah kali ini BTS akan membawa pulang piala Grammy?

Kanada Ikuti Langkah Australia Soal Facebook
Fun
Kanada Ikuti Langkah Australia Soal Facebook

Kanada akan mewajibkan Facebook untuk membayar artikel berita yang masuk.