hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Dijuluki "Kota Hantu", Intip Potret Sebelum dan Sesudah Wabah Virus Corona New York, salah satu kota yang sepi karena virus Corona (Foto: Pexels/Lukas Kloeppel)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

WABAH virus Corona (COVID-19) mengubah suasana tempat di beberapa kota di dunia. Minimnya aktivitas masyarakat membuat kota tersebut dijuluki sebagai kota hantu karena saking sepinya. Di masa karantina selama 14 hari ini, masyarakat diimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, apalagi traveling.

Dampak ini juga dirasakan oleh industri pariwisata yang mengalami kerugian. Tempat-tempat populer yang sering dikunjungi terlihat sepi. Melansir dari laman The Travel, simak potret sebelum dan sesudah wabah COVID-19 di kota-kota ini.

Baca juga:

Ini yang Harus Diketahui Bumil Selama Pandemi COVID-19

1. Roma, Italia

Kota Roma yang kini nampak sepi akibat pandemi virus Corona (Foto: The Travel)

Roma merupakan salah satu kota yang paling populer di Eropa. Rumah bagi atraksi-atraksi legendaris seperti Colosseum, air mancur Trevi, Menara Pisa, dan salah satunya adalah Spanish Steps.

Spanish Steps merupakan sebuah landmark yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Di sana, mereka akan mendaki lereng curam antara Piazza di Spagna dan Piazza Trinità dei Monti, yang didominasi oleh gereja Trinità dei Monti di bagian atas.

Namun, setelah wabah COVID-19, semua telah berubah. Italia telah menerapkan lockdown di seluruh wilayah. Potret di atas menunjukkan kota ini terlihat tidak dapat dikenali.

2. Time Square, New York

Times Square juga dijuluki sebagai kota hantu (Foto: The Travel)

New York sering dianggap sebagai kota tersibuk di Amerika Serikat, terutama selama musim puncak. Times Square adalah nama persimpangan jalan utama di Manhattan, New York, Amerika Serikat. Persimpangan ini tempat bertemunya jalan Broadway dan Seventh Avenue.

Ada banyak gedung dan pusat perbelanjaan yang bisa kamu kunjungi jika pergi ke sana. Times Square juga menjadi salah satu ikonik yang populer di kota ini. Semenjak pandemi virus Corona, Times Square juga dijuluki sebagai kota hantu. New York seakan 'mati'.

3. Praha, Republik Ceko

Kota Praha seketika menjadi tidak sepopuler dahulu (Foto: The Travel )

Praha merupakan ibu kota Republik Ceko yang dibelah oleh sungai Vitava. Meski tidak sepopuler beberapa kota di Eropa Barat, seperti Roma, Paris, dan Barcelona, Praha dikunjungi oleh jutaan pengunjung setiap tahun.

Praha menawarkan kejaiaban, seperti Kastil Praha, Alun-Alun Kota Tua, Katedral St. Vitus, dan Jembatan Charles yang ikonik. Selain itu ada jembatan yang menakjubkan dan dihiasi oleh patung-patung bersejarah yang biasanya dibanjiri oleh para turis.

Baca juga:

Berbagi 500 'Hand Sanitizer' Gratis untuk Lawan COVID-19

Potret di atas juga menunjukkan kota Praha yang tampak kosong akibat virus Corona. Jembatan ikonik tersebut pun seolah-olah bukan salah satu lokasi paling terkenal di kota tersebut.

4. China Town, Singapura

Para pengunjung di China Town nampak menurun drastis (Foto: The Travel)

Pandemi virus Corona mulai tersebar ke Singapura pada Januari 2020 silam. Kota Asia yang biasanya populer ini menjadi 'kota hantu' semenjak pemerintah mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi penyebaran virus.

Gambar di atas menunjukkan kondisi China Town, salah satu kota tersibuk di Singapura. Dalam keadaan normal, kota ini sangat padat dan hampir tidak pernah sepi. Tetapi, semua berubah menjadi sepi ketika wabah COVID-19.

Singapura telah mengumumkan sejumlah langkah untuk mengendalikan virus, termasuk kebijakan isolasi diri secara paksa bagi siapa pun yang kembali dari perjalanan ke luar negeri.

5. Mekkah, Arab Saudi

Masjidil Haram yang biasanya ramai, kini sangat sepi (Foto: Al Jazeera)

Mekkah adalah kota yang selama ini ramai dikunjungi oleh jemaah haji. Dampak pandemi virus Corona membuat tempat ini menjadi sepi seketika. Hal tersebut diketahui dari foto udara oleh perusahaan teknologi ruang angkasa yang berbasis di Colorado Maxar.

Salah satu gambar menunjukkan sejumlah jamaah yang mengelilingi Ka'bah di Masjidil Haram Mekkah menjadi sepi. Terlihat pula para pekerja yang mensterilkan daerah di sekitar ka'bah. (and)

Baca juga:

Yuk Masak Sendiri Selama 'Self Isolation' dari Virus Corona


hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3
Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5