Dijamu Makan Malam, Aktivis BEM Batal Demo Jokowi Sejumlah mahasiswa Trisakti menggelar aksi unjuk rasa pada 12 Mei 2015 (MerahPutih/Novriadi Sitompul)

MerahPutih Politik - Lobi makan malam yang dilakukan Presiden Joko Widodo ternyata mampu meluluhkan aktivis asongan dari berbagai Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari Seluruh Indonesia.

Sejumlah Presiden BEM yang tergabung dalam BEM SI hadir dalam jamuan makam malam yang diinisiasi oleh bekas Gubernur DKI Jakarta tersebut. Setelah berbincang panjang dengan Presiden Joko Widodo, akhirnya para aktivis asongan tersebut membatalkan aksi unjuk rasa yang semula akan dihelat pada tanggal 20 Mei mendatang.

Kepastian tersebut disamppaikan oleh Presiden BEM UI Andi Aulia Rahman. Ia bersama dengan rekan-rekannya membatalkan aksi unjuk rasa pada tanggal 20 Mei. Aksi unjuk rasa besar-besaran dipicu karena mahasiswa menuding bahwa unjuk rasa pada tanggal 20 Mei 2015 ditunggangi penumpang gelap.

"Tanggal 20 ada yang mainin isu lengserkan Jokowi. Makanya demo kami undur jadi tanggal 21 Mei," katanya di Istana Negara, Senin malam (18/5).

Di tepi lain aktivis sosial Jonru Ginting mengaku kecewa dengan sikap BEM UI yang menjual harga dirinya kepada pihak penguasa.

Jonru juga mengaku beberapa waktu silam ia sempat menyambangi kampus UI. Pada saat tiba di kampus UI ia mengaku diajak foto bareng dengan jajaran BEM UI. Namun demikian Jonru mengaku kecewa dengan sikap aktivis BEM UI yang menggadaikan harga dirinya dan tunduk pada kepentingan penguasa.

"Kalian masih muda, masih independen, tapi harga diri kalian dengan begitu gampangnya kaliaj jual kepada penguasa. Bagaimana nanti jika kalian sudah dewasa? Saya malu? Saya menyesal telah berfoto dengan kalian," tulis Jonru dalam akun facebooknya, rabu (19/5).

Informasi yang dihimpun merahputih.com, jamuan makam malan Presiden Joko Widodo dihadiri puluhan aktivis dari BEM dari berbagai kampus, diantaranya BEM UI, BEM UNJ, BEM Unpad, BEM Unila, BEM IPB, BEM ITB, BEM ITS, BEM UGM, BEM UIN Jakarta, BEM Trisakti, BEM Atmajaya, BEM IISIP, BEM Unpar, BEM Unisba, BEM Unpas, dan beberapa presiden BEM lainnya. (Bhd)

BACA JUGA:

Demo 20 Mei, Jokowi Diminta Jangan Kabur dari Istana 

Jaringan 98: Reformasi Telah Mati 

Progres 98: Jokowi-JK Pembohong, Turunkan! 

Adian PDIP: Elit Politik Tunggangi Aksi Demonstrasi Mahasiswa 20 Mei



Bahaudin Marcopolo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH