Dijamin enggak Bosan, Olahan Tempe ini Cocok Banget buat Berbuka Tempe bisa diolah jadi berbagai sajian nikmat. (foto: dapurkobe.co.id)

DIJULUKI makanan sejuta umat, tempe memang digemari banyak orang. Rasa tempe yang khas membuat banyak orang tak bisa lepas dari tempe. Selain itu, tempe bisa dibilang serbaguna dan gampang diolah. Dari hanya digoreng, dijadikan sambal, hingga diolah jadi camilan, tempe enggak pernah ngebosenin.

Nah, buat kamu penggemar tempe, berikut ide olahan tempe yang dijamin jauh dari kata bosan.

1. Sayur Tempe Cabai Hijau

sayur tempe cabai hijau
Sayur tempe cabai hijau nan gurih. (foto: resepkoki)


Orang Jawa Tengah mengolah tempe jadi sayur yang nikmat. Dengan kuah santan dan paduan pedas cabai hijau, sayur tempe cabai hijau khas Jawa Tengah ini dijamin bikin lahap makan.

Sajian sayur tempe ini biasanya terbuat dari tempe, tahu goreng, dan petai. Cara masaknya sangat sederhana. Cukup tumis bumbu halus berisikan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan ebi bersama potongan tempe, daun salam, lengkuas, dan gula merah. Setelah harum, tambahkan air, santan, tahu goreng, petai, dan cabai. Masak hingga kuah menyusut. Praktis.


2. Tempe Balado

tempe balado
Tempe balado nikmat buat lauk ataupun sambal. (foto: masakanindonesia.com)

Jadi lauk enak, jadi sambal juga oke. Itulah tempe balado. Olahannya memang terlihat sederhana, tapi tetap bisa bikin kamu nambah makan lho. Rasa pedas-gurih yang meresap dalam tempe lebih lezat bila disantap dengan nasi hangat dan ikan asin.

Sangat mudah membuat tempe balado. Kamu cukup mencampur tempe dengan sambal balado yang sudah ditumis. Untuk membuat sambal, kamu butuh bahan-bahan berupa daun jeruk, cabai merah, cabai rawit, dan tomat. Ingat ya, sambal balado harus ditumis sampai matang, ya. Kalau tidak, sambal akan bau langu.


3. Tempe Mendoan

tempe mendoan
Tempe mendoan bahkan jadi oleh-oleh khas. (foto: tripadvisor)

Selain digoreng begitu saja, tempe nikmat digoreng dalam balutan tepung. Seperti tempe mendoan khas Purwokerto ini. Tempe mendoan merupakan tempe yang dibalut tepung tapi enggak digoreng kering. Hasilnya, tempe dengan tekstur kenyal, lembut, dan terasa gurih. Biasanya, tempe mendoan disantap bersama sambal kecap pedas-gurih.

Rahasia kelezatan tempe mendoan ada di balutan tepung. Adonan tepung terbuat dari tepung terigu dan tepung beras dengan perbandingan 3:1. Misal, jika kamu pakai 150 g tepung terigu, tambahkan 50 g tepung beras.

Adonan tersebut dicampur dengan bawang putih, ketumbar, merica, dan daun bawang. Setelah itu, balurkan tepung pada tempe goreng hingga setengah matang. Kamu enggak akan berhenti makan sebelum tempenya habis.


4. Orek Tempe Pedas

orek tempe
Orek tempe bisa disimpan. (foto: masakmemasak.com)

Tempe juuga bisa diolah menjadi lauk yang bisa disimpan. Kamu bisa mengolahnya menjadi orek atau kering tempe. Rasanya pedas-manis legit dengan aroma yang khas.

Cara membuat orek tempe juga mudah. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, daun salam, dan lengkuas. Masukkan gula merah dan air asam jawa. Beri sedikit air, aduk rata, dan tunggu hingga air menyusut. Setelah bumbu agak dingin, masukkan tempe goreng kering dan daun jeruk. Tempe orek pedas pun siap disajikan.


5. Tempe mendol

tempe mendol
Tempe mendol khas Malang. (foto: ngalam.co)

Selain tempe segar, ada juga lho olahan tempe basi yang sudah dibiarkan selama 2 hari. Namanya tempe mendol khas Malang. Tempe mendol bisa jadi teman makan rawon atau nasi pecel. Rasanya pedas-gurih dengan tekstur yang renyah.

Membuat tempe mendol mirip seperti membuat perkedel. Kukus tempe, lalu haluskan hingga hancur. Campur dengan bumbu halus yang terbuat dari bawang putih, cabai merah, kencur, ketumbar, dan daun jeruk. Kemudian, bentuk adonan sesuai selera. Goreng hingga matang dalam minyak panas. Sajikan selagi hangat.


6. Bacem Tempe

tempe bacem
Tempe bacem nikmat dan manis legit. (foto: masakapahariini.com)


Lauk olahan tempe khas Yogyakarta ini pasti sudah pasti akrab dengan kamu. Warnanya memang hitam, tapi rasanya luar biasa manis dan legit. Kalau makan sayur lodeh atau gudeg, tempe bacem wajib jadi pendamping.

Usut punya usut, rahasia kelezatan tempe bacem ialah penggunaan air kelapa dan gula jawa. Sebelum digoreng, tempe direbus bersama bumbu halus, air kelapa, daun salam, lengkuas, air asam jawa, gula jawa, dan kecap. Setelah air menyusut, tempe ditiriskan. Barulah digoreng hingga kecokelatan.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH