Diikuti 8 Klub, Ini Hasil Pembagian Grup Piala Gubernur Kaltim 2018 Konferensi pers Piala Gubernur Kaltim 2018. (BolaSkor.com/Tengku Sufiyanto)

MerahPutih.com - Piala Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) 2018 bakal segera dimulai pada 23 Februari sampai 4 Maret mendatang.

Ada delapan tim yang ikut serta dalam turnamen Piala Gubernur Kaltim 2018, yakni Borneo FC, Arema FC, Mitra Kukar, Bali United, Persebaya Surabaya, Persiba Balikpapan, Madura United, dan Sriwijaya FC. Kedelapan tim dibagi dalam dua grup, yang masing-masing berisikan empat klub.

Partai pembuka bakal dimainkan di Stadion Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur, 23 Februari mendatang. Seluruh tim bermain dengan sistem setengah kompetisi. Di mana, tim yang menang dalam waktu normal mendapatkan tiga poin, kalah nol poin, menang dalam adu penalti dua poin, dan kalah adu penalti satu poin.

Nantinya, dua tim teratas melaju ke babak semifinal. Di mana juara Grup A bertemu runner-up Grup B. Sementara juara Grup B menantang runner-up Grup A. Namun, belum diketahui semifinal bakal dimainkan di stadion mana.

Meski begitu, final dan perebutan tempat ketiga terbaik bakal digelar di Stadion Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur.

"Jadwal Piala Gubernur Kaltim 2018 sudah disusun sesuai pertimbangan melihat berakhirnya Piala Presiden 2018 dan kick-off Liga 1 pada 10 Maret mendatang," kata Wakil Ketua Sterring Committe (SC) Piala Gubernur Kaltim 2018, Yunus Nusi.

Untuk hadiah, juara mendapatkan uang sebesar Rp 1 miliar, runner-up sebesar Rp 750 juta, peringkat ketiga mendapat uang sebesar Rp 500 juta, dan posisi keempat memperoleh uang sebesar Rp 250 juta.

Di satu sisi, pemain terbaik Piala Gubernur Kaltim 2018 mendapat hadiah uang sebesar Rp 150 juta, top skor sebesar Rp 100 juta, dan pemain muda terbaik Rp 75 juta.

Sementara itu, match fee tim yang menang mendapatkan uang sebesar Rp 125 juta, kalah dalam waktu normal sebesar Rp 75 juta, menang dalam adu penalti Rp 110 juta, dan kalah adu penalti sebesar Rp 90 juta.

Sebagai informasi tambahan, ini merupakan Piala Gubernur Kaltim edisi kedua. Sebelumnya pernah digelar pada tahun 2016, di mana Borneo FC sebagai juara bertahan turnamen.

Berikut Pembagian Grup, Hadiah, dan Match Fee Piala Gubernur Kaltim 2018:

Grup A:
-Borneo FC
-Arema FC
-Bali United
-Mitra Kukar

Grup B:
-Persiba Balikpapan
-Persebaya Surabaya
-Madura United
-Sriwijaya FC

Hadiah:
-Juara 1: Rp 1 Miliar
-Runner-up: Rp 750 Juta
-Peringkat Ketiga: Rp 500 Juta
-Peringkat Keempat: Rp 250 Juta
-Top Skor: Rp 100 juta
-Pemain terbaik: Rp 75 Juta

Match Fee:
-Menang Waktu Normal: Rp 250 Juta
-Kalah dalam Waktu Normal: Rp 75 Juta
-Menang Adu Penalti: Rp 110 Juta
-Kalah dalam Adu Penalti: Rp 90 Juta

Sumber: Bolaskor.com



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH