Dihadiri Jokowi, Ini Isu Utama yang Diangkat Rakernas APPSI

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 21 Februari 2018
Dihadiri Jokowi, Ini Isu Utama yang Diangkat Rakernas APPSI
Presiden Jokowi berbincang dengan peserta Munas V APPSI 2015, di Hotel Clarion, Makssar, Sulsel. (Humas/Oji/setkab.go.id)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), pada Rabu-Jumat (21-23/2), di Hotel The Trans Luxury, Kota Bandung.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan menghadiri dan memberikan sambutan pada welcome dinner, Rabu (21/2) malam nanti.

Penguatan ekonomi daerah akan menjadi isu utama dalam Rakernas kali ini seiring tema yang diambil Kerja Sama Perdagangan Antardaerah untuk Penguatan Ekonomi Nasional.

Pengarah Rakernas APPSI Iwa Karniwa mengatakan seluruh gubernur maupun pj gubernur se-Indonesia dipastikan akan menghadiri acara tersebut.

"Insyaallah Pak Presiden jika tak berhalangan akan hadir membuka acara nanti malam," kata Sekda Jabar tersebut.

Sejumlah topik terutama penguatan kerja sama ekonomi antar provinsi akan dibedah dalam rakernas dengan narasumber sejumlah menteri Kabinet Kerja. Tema pertama penguatan pemerintah daerah dalam mendorong perdagangan antardaerah untuk kemajuan dan stabilitas ekonomi nasional.

"Ini insyaaallah rencananya akan dipaparkan oleh Mendagri Pak Tjahjo Kumolo," paparnya.

Selanjutnya, ada topik terkait format perdagangan daerah memperkuat ekonomi nasional yang akan menghadirkan Menteri Perindustrian Airlangga Sutarto dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Ada juga paparan terkait penyelenggaraan Asian Games dari ketua panitia," ujarnya.

Selanjutnya akan ada MoU antarprovinsi dan membahas rencana kerja APPSI 2018 yang dipimpin Ketua Umum APPSI Syahrul Yasin Limpo.

"Dipastikan hadir 33 gubernur kami tinggal menunggu dari Papua terkait plt gubernur yang akan hadir. Delegasi hadir pada siang ini," pungkasnya.

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/2) malam.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto pertemuan keduanya untuk saling update terhadap berbagai persoalan nasional dan internasional.

Hasto mengatakan dipilihnya Istana Batu Tulis sangat tenang dan penuh kesejukan sehingga mampu menghasilkan pemikiran-pemikiran jernih dari kedua tokoh tersebut tentang solusi menghadapi berbagai persoalan bangsa dan negara. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Yugi Prasetyo, kontributor merahputih.com untuk wilayah Bandung dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Pertemuan Jokowi-Mega di Istana Batu Tulis, Ini yang Dibahas

#Presiden Jokowi #Pemerintah Daerah
Bagikan
Ditulis Oleh

Yugi Prasetyo

Bagikan