Dihadiri Jokowi dan Prabowo, Pengamanan Debat Cawapres Bakal Ketat Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan (kanan) Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto tengah mengundi pertanyaan tema Debat Pilpres Kedua dari penelis. Foto: Merahputih.com / Rizki Fitrianto

MerahPutih.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan rapat persiapan pengamanan debat Capres jilid III mendatang. Rapat ini dilakukan bersama tim dari TKN, BPN, Paspampres, TNI/Polri hingga panitia.

Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan mengatakan, pengamanan terhadap Cawapres akan sama ketatnya dengan debat Capres jilid II lalu. Pasalnya, bakal ada 1000 undangan yang bakal hadir dalam debat kali ini.

"Ya karena direncanakan Pak Jokowi Pak Prabowo juga akan hadir, meskipun ini debat cawapres tapi kandidat capres akan hadir sehingga pampampres TNI-Polri tadi juga memberikan paparan bahwa standar pengamanan akan sama dengan standar pengamanan Debat Capres," kata Wahyu di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Kamis (14/3).

Wahyu melanjutkan, Komite Damai yang bertugas menjaga ketenangan timnya masing-masing juga sudah dibentuk.

Anggota Kepolisian

Di kubu Tim Kampanye Nasional (TKN) ada Rizal Malarangeng dan Aria Bima. Sementara di BPN ada Imelda Sari dan Putra Jaya Husin.

"Komite damai ini bersifat antisipatif untuk mengatasi jika ada permasalahan dalam arena debat tentu saja kita kita tidak mengharapkan ada permasalahan tetapi sebagai bentuk antisipasi kita membuat komite damai. Termasuk di dalamnya komite damai itu memastikan bahwa peraturan peraturan yang mengikat pengunjung atau penonton debat di arena itu itu harus tertib. Sehingga nanti jika ada ketidaktertiban komite inilah yang salah satunya yang melakukan penyelesaian," jelas Wahyu.

Wahyu mengatakan, debat adalah kepentingan seluruh rakyat Indonesia khususnya dalam kepentingan pemilih.

"Oleh karena itu ini sudah disepakati bersama untuk meningkatkan pelayanan kita kepada seluruh rakyat Indonesia maka kita membentuk Komite damai untuk memastikan debat itu berlangsung dengan lancar dan damai," ungkapnya. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH