Headline

Digeruduk Buruh KSPI, Gubernur Anies Singgung Rumah DP 0 Rupiah

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 25 Oktober 2018
Digeruduk Buruh KSPI, Gubernur Anies Singgung Rumah DP 0 Rupiah
Gubernur Anies bersama perwakilan buruh KSPI Said Iqbal di Balai Kota (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) perwakilan DKI Jakarta, di Balaikota Jakarta Pusat, pada Kamis (25/10) sore. Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak membahas peningkatan kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta dengan serikat pekerja dan buruh.

"Kita mengadakan kegiatan silaturahmi berbagai rencana Pemprov DKI Jakarta terkait pengembangan kesejahteraan bagi semuanya, (dan) kesetaraan kesempatan di Jakarta, termasuk bagi warga kita yang hari ini berada di dalam asosiasi serikat federasi pekerja. Kami membahas banyak hal, intinya kami ingin program-program yang ditargetkan bisa menjangkau lebih banyak warga Jakarta, (sehingga) yang berhak itu, bisa tercapai," kata Anies di Balai Kota.

Selain itu, lanjut Anies, Pemprov DKI Jakarta juga ingin berkolaborasi dengan berbagai federasi serikat pekerja dan buruh di Jakarta guna memastikan program-program Pemprov DKI telah menjangkau semua warga yang berhak. Baik itu dalam aspek pendataan, aspek pendaftaran, dan aspek pemastian bahwa mereka semua memiliki kesempatan yang sama.

Presiden KSPI Said Iqbal
Ketua Umum KSPI Said Iqbal (Foto Facebook)

"Kami ada program kartu pekerja (yang) jangkauannya harus luas, maka kami perlu bantuan dari teman-teman (federasi serikat pekerja). Kedua, kami juga ada program DP 0 Rupiah, Samawa. Kami ingin agar sebagian dari pekerja yang sudah berhak dan memenuhi kriteria bisa memanfaatkannya. Kerja bersama ini yang tadi kami bicarakan. Kami ingin agar semua item itu, baik terkait dengan pangan bersubsidi, Transjakarta, member di Jakgrosir, maupun fasilitas KJP bagi anak-anak, dan para pekerja itu menjangkau lebih banyak,” terangnya.

Sementara itu, Presiden KSPI Said Iqbal menyampaikan apresiasi kepada Pemprov DKI Jakarta yang berkolaborasi dengan warga serta berbagai pemangku kepentingan dalam merumuskan kebijakan, terutama terkait peningkatan kesejahteraan pekerja di Jakarta. Ia juga menilai program-program Pemprov DKI Jakarta dalam hal peningkatan kesejahteraan pekerja telah tepat sasaran dan tepat manfaat, baik regulasinya maupun implementasinya.

Kemudian berbagai federasi serikat pekerja di Jakarta, menurut Said, akan mendukung program-program tersebut, karena dianggap realistis.

“Kami mengapresiasi program-program yang langsung berorientasi kepada masyarakat kelas bawah (dan) menengah bawah, termasuk kaum buruh. Program kartu pekerja, dalam hal ini biaya transportasi yang mendapatkan subsidi dari pemerintah, kemudian juga potongan atau diskon terhadap harga barang, dan juga rumah dengan DP 0 Rupiah, itu sesuatu yang sangat dinantikan. Partisipasi aktif pekerja menjadi penting, sehingga bisa mendapatkan sesuatu yang bersifat solutif," tutur Said Iqbal.

Turut hadir Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi DKI Jakarta, Andri Yansyah, Wakil Ketua Dewan Pengupahan Nasional, Iswan Abdullah, Ketua SPSI LEM, Arif Winardi, sejumlah SKPD Pemprov DKI Jakarta, serta unsur perwakilan dari 38 Federasi dan Serikat Pekerja.(Asp)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Soal Politikus Sontoloyo, Ketua TKN KIK: Jokowi Ingin Rakyat Jangan Dibohongi

#DP Rumah #Anies Baswedan #Gubernur DKI Jakarta #KSPI
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan