Digempur di Gurun Abu Hassa, Tujuh Tentara ISIS Tewas

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 06 Maret 2018
Digempur di Gurun Abu Hassa, Tujuh Tentara ISIS Tewas
Anggota Pasukan Mobilisasi Populer Syiah (PMF) di Tal Afar, Irak, Minggu (27/8). (ANTARA FOTO/REUTERS/Thaier Al-Sudani)

MerahPutih.com - Gempuran pasukan keamanan Irak menewaskan tujuh petempur IS dalam satu operasi oleh pasukan paramiliter Hashd Shaabi, pada Senin (5/3), di sebelah barat Mosul. Demikian disampaikan seorang anggota Hashd Shaabi.

Satu pernyataan yang dikeluarkan oleh komando paramiliter tersebut mengatakan satu brigadenya melancarkan operasi di daerah gurun yang bernama Abu Hassa di sebelah barat Kota Mosul, sekitar 400 kilometer di sebelah utara Ibu Kota Irak, Baghdad, demikian laporan Xinhua dilansir Antara di Jakarta, Selasa (6/3) pagi.

Tujuh anggota tewas dan sejumlah terowongan serta tempat persembunyian IS dihancurkan.

Namun sisa anggota IS memanfaatkan tempat persembunyian di wilayah terjal dekat Sungai Tigris dan Zab serta di Pegunungan Himreen untuk melanjutkan serangan harian mereka terhadap warga sipil dan pasukan Pemerintah Irak.

Pada 9 Desember 2017, Perdana Menteri Irak Haider Al-Abadi secara resmi mengumumkan pembebasan penuh Irak dari IS, setelah pasukan Irak merebut kembali semua daerah yang pernah direbut kelompok fanatik tersebut.

Namun, kelompok kecil dan petempur IS masih bisa melancarkan serangan sporadis terhadap pasukan keamanan meskipun militer Irak melancarkan operasi rutin untuk memburu mereka. (*)

#ISIS #Irak
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan