Digelar di Tahun Keempat, Jakarta Coffee Week 2019 Angkat Isu Ramah Lingkungan Jakarta Coffee Week 2019 angkat tema ramah lingkungan. (foto: MP/Gladys Yovanca)

ACARA tahunan bagi pencinta kopi di Nusantara, Jakarta Coffee Week (Jacoweek) bersama Hype Project kembali di tahun keempat. Ajang kopi ini akan digelar selama tiga hari, 30 Agustus hingga 1 September 2019. PIK Avenue, tepatnya di Swissotel Ballroom lantai 7, Jakarta Utara, kembali dipilih sebagai tempat perhelatan. Tema besar yang diusung kali ini ialah Be Kind. Ajang ini jadi aksi peduli lingkungan versi industri kopi.

General Manager ABCD School of Coffee Willyanto mengatakan isu peduli lingkungan diangkat untuk berpartisipasi dalam mengurangi sampah. Selain itu, acara ini dibuat untuk mendukung upaya menciptakan kesadaran penikmat kopi untuk bertanggung jawab atas ampas kopi. Dipastikan, semua gerai menyajikan olahan kopi dengan gelas kertas, sedotan stainless steel, bambu atau kertas. Pengunjung pun diajak ikut dalam aksi ini dengan membawa kantong belanja dan tumbler pribadi.

BACA JUGA: 7 Restoran dengan Pemandangan Air Terindah, Nomor 5 Ada di Bali

Jacoweek 2019 menargetkan 25 ribu pengunjung. Sebanyak 120 lapak kopi dari seluruh pulau di Indonesia dihadirkan di lokasi. Tak hanya itu, biji kopi pilihan dari 15 petani Nusantara juga turut dipasarkan. Hal itu guna mendukung pertumbuhan biji kopi lokal yang juga dinaungi Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI).

jacoweek 2019
Tahun ini, Jacoweek hadirkan tema ramah lingkungan. (foto: MP/Gladys Yovanca)

Bagi kamu yang berencana datang ke ajang ini, perlu dicatat nih, semua transaksi di Jacoweek 2019 diupayakan cashless. Pengunjung diajak untuk melakukan transaksi daring. Semua itu didukung lewat kerja sama dengan Bank Mandiri. Jadi nantinya kamu bisa bertransaksi menggunakan kartu debit atau kredit Mandiri, E-Money, Fiestapoin dan LinkAja.

Sebagai BUMN, Bank Mandiri acap terlibat dalam upaya mengembangkan industri kopi Nusantara. Senior Vice President Retail Deposits Product & Solution Bank Mandiri Muhamad Gumilang mengungkapkan service market industri kopi baik di masa depan. Hal itu seiring perkembangan tren penikmat kopi. Tak hanya itu, Bank Mandiri juga terlibat dalam meningkatkan kesadaran terhadap peluang bisnis dalam industri kopi.

jacoweek 2019
Sebanyak 120 lapak kopi Nusantara akan dihadirkan. (foto: MP/Gladys Yovanca)

Kemeriahan Jacoweek 2019 akan makin lengkap dengan kompetisi roasting. Perlombaan menyangrai biji kopi itu akan dinilai 12 Q Grader tesertifikasi. Selain itu, ajang ini menghadirkan bintang tamu sekaligus juri asal Korea. Kriteria perlombaan masih dirahasiakan, terutama jenis biji kopinya. Acara lainnya, akan digelar workshop seputar tema Jacoweek 2019.

Untuk mengunjungi Jacoweek 2019, kamu perlu membeli tiket masuk. Harga tiket yang ditawarkan senilai Rp25 ribu per hari, termasuk goodie bag yang isinya sebanding dengan harga tiket masuk.(dys)

BACA JUGA: Akankah Spider-Man versi Tom Holland Jadi Kegagalan Ketiga Seri Spider-Man?



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH