Didukung Tiga Parpol, Said Assagaff-Andeas Rentanubun Maju Pilkada Maluku

Luhung SaptoLuhung Sapto - Sabtu, 23 Desember 2017
Didukung Tiga Parpol, Said Assagaff-Andeas Rentanubun Maju Pilkada Maluku
PKS mengusung petahana Said Assagaff dan Andreas Rentanubun sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pilkada 2018. (ANTARA/Izaac Mulyawan)

MerahPutih.com - Pasangan bakal calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Said Assagaff dan Andeas Rentanubun dengan jargon "SA-AR" akan deklarasi pada 6 Januari 2018. Pasangan "SA-AR" direkomendasikan Partai Golkar, Partai Demokrat, dan PKS.

"Kami setelah berkoordinasi dengan partai politik (Parpol) pengusung menyepakati deklarasi pada 6 Januari 2018," kata Said ketika dikonfirmasi, Sabtu (23/12).

Pasangan "SA-AR" mendapat dukungan dari tiga partai politik yakni Partai Golkar, Partai Demokrat dan PKS yang masing-masing memiliki enam kursi di DPRD Maluku. Pasangan "SA-AR" berhak mendaftar di KPU setempat karena memenuhi syarat kuota keterwakilan yakni sembilan kursi atau 15 persen dari 45 legislator setempat.

Sedangkan mendaftar di KPU Maluku dijadwalkan pada 8 Januari 2018. KPU Maluku menjadwalkan pendaftaran pasangan Balon Gubernur dan Wagub Maluku yang diusung Parpol maupun melalui jalur perseorangan pada 8- 10 Januari 2018.

Petahana Gubernur Maluku ini mengemukakan, bersama relawan "SA -AR" telah meluncurkan tagline "Terus Bersama bangun Negeri' di Wailela, kecamatan Teluk Ambon, kota Ambon pada Jumat (22/12) malam.

Tujuannya, bila dipercayakan memimpin kembali Maluku, maka membangun negeri ini lebih baik dari apa yang telah direalisasikan.

"Harus jujur mengungkapkan membangun Maluku tidak gampang karena membutuhkan peranserta semua komponen bangsa di daerah ini," ujar Said.

Disinggung peluang di Pilkada Maluku pada 27 Juni 2018, dia menjelaskan, bersama Andreas berkeyakinan mendang.

"Survei yang dilakukan lembaga berkompoten dan independen akan dirilis menjelang akhir Desember Posisi saat ini elektabilitas mencapai 65 persen sehingga susah dikalahkan. Hanya saja jangan sombong karenanya mari bergandengan tangan membangun Maluku yang aman, rukun, dan berkualitas," tandas Said.

Pasangan Balon Gubernur dan Wagub Maluku lainnya yakni Murad Ismael - Barnabas Orno direkomendasikan PDIP dengan tujuh kursi di DPRD Maluku, Partai Nasdem maupun Partai Hanura masing-masing empat kursi, PKB tiga kursi, PKPI dua kursi serta PAN dan PPP masing-masing satu kursi.

Partai Gerindra dengan lima kursi belum memutuskan rekomendasi diberikan kepada pasangan mana.

Pasangan Balon Gubernur dan Wagub melalui jalur perseorangan yakni Herman Koedoeboen - Abdullah Vanath dengan jargon "HEBAT" melalui sidang sengketa diputuskan Bawaslu Maluku pada 16 Desember 2017 sebagian gugatannya terhapap KPU Maluku dikabulkan.

Bawaslu Maluku juga membatalkan hasil pleno KPU Maluku 27 Desember 2017 memutuskan dukungan pasangan "HEBAT" tidak memenuhi persyaratan yang tertuang dalam surat keputusan No. 467/BA/81/Prov/ XII/2017. (*)

Sumber: ANTARA

#Pilgub Maluku 2018 #PKS #Said Assagaf
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan