Diduga Terima Gratifikasi Selama Menjabat, KPK Dalami Asal-Usul Kekayaan Bupati Malang Jubir KPK Febri Diansyah. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.Com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mendalami asal usul harta kekayaan Bupati Malang Rendra Kresna (RK). Harta itu diduga didapat Rendra dari gratifikasi dan suap penyediaan sarana penunjang peningkatan mutu pedidikan pada dinas pendidikan Pemerintah Kabupaten Malang.

"Penyidik mendalami kepemilikan harta kekayaan tersangka RK," kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (15/10).

Rendra Kresna hari ini diperiksa bersama dengan satu tersangka dari pihak swasta yakni Ali Murtopo. Ini pemeriksaan perdana setelah keduanya resmi ditetapkan sebagai tersangka gratifikasi dan suap di Pemkab Malang.

Dalam pemeriksaan itu, kata Febri, penyidik menyampaikan informasi tentang hak-hak dari tersangka. Penyidik juga mengonfirmasi beberapa hal terkait kewenangan dari Rendra dan Ali Murtopo.

Bupati Malang Rendra Kresna
Bupati Malang, Rendra Kresna. ANTARA FOTO

"Serta pengetahuan tentang proyek-proyek di Dinas Pendidikan yang jadi objek dalam perkara ini," ujarnya.

Sebelumnya, KPK menetapkan Bupati Malang, Rendra Kresna sebagai tersangka suap terkait penyediaan sarana penunjang peningkatan mutu pendidikan pada Dinas Pendidikan Pemkab Malang dan kasus dugaan gratifikasi.

Untuk kasus dugaan suap, Rendra ditetapkan tersangka bersama pihak swasta Ali Murtopo Mantan Ketua DPW Partai Nasional Demokrat (NasDem) itu diduga menerima suap dari Ali Murtopo sebesar Rp3,45 miliar.

Rendra diduga menerima uang suap guna membayar utang kampanye selama Pilkada Kabupaten Malang tahun 2010.

Selain menerima suap, Rendra juga diduga menerima gratifikasi selama menjabat Bupati Malang dua periode, 2010-2015 dan 2016-2021. Rendra bersama Eryk Armando Talla diduga menerima gratifikasi sekitar Rp3,55 miliar.(Pon)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Menteri Agama Lukman Saifuddin: Tidak Ada Aturan Soal Azan, Apalagi Melarangnya!

Kredit : ponco


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH