Diduga Bermasalah, Erick Thohir Bakal Selidiki 142 Anak Perusahaan Pertamina Menteri BUMN Erick Thohir di lingkungan istana kepresidenan Jakarta. ANTARA/Desca Lidya Natalia

MerahPutih.Com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terus melakukan bersih-bersih di lingkumhan perusahaan BUMN.

Teranyar, pengusaha yang juga mantan Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf ini menemukam fakta bahwa PT Pertamina (Persero) memiliki ratusan anak dan cucu perusahaan yang selama ini tak terendus ke publik.

Baca Juga:

Erick Thohir Ketawa Garuda Punya Cucu

"Kemarin saya rapat dengan Pertamina, ternyata ada 142 perusahaan di Pertamina," ujar Erick Thohir kepada wartawan di Kantor Direktorat Jenderal Pajak di Jakarta, Jumat (13/12).

Menteri BUMN Erick Thohir bakal selidiki ratusan anak perusahaan Pertamina
Menteri BUMN Erick Thohir di sela-sela rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI di Jakarta, Senin (2/12/2019). ANTARA/Aji Cakti/aa.

Erick pun memaparkan, untuk lebih lanjut dirinya meminta jajaran direksi dan komisaris Pertamina memetakan bisnis dari masing-masing entitas anak perusahaan tersebut.

Selain itu, dirinya juga meminta direksi dan komisaris untuk memeriksa kondisi kesehatan dari masing-masing perusahaan.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi keberadaan bisnis-bisnis yang justru merugikan perusahaan induk.

"Saya juga enggak mau nanti ternyata seperti saya bicara 142 perusahaan Pertamina hanya oknum-oknum yang akhirnya menggerogoti Pertamina. Nah, ini yang saya sudah minta laporan daripada direktur utama dan komisaris utama," ujar dia.

Baca Juga:

Diduga Selundupkan Onderdil Harley, PT Garuda Indonesia Bakal Disanksi

Selain anak usaha Pertamina, Erick sudah memiliki rencana untuk memeriksa bisnis-bisnis sampingan yang dimiliki oleh BUMN. Misalnya, mengenai BUMN yang banyak memiliki anak usaha di bidang perhotelan. Total hingga kini, ada 85 hotel yang dimiliki BUMN.

Ke depannya, bisnis-bisnis di luar bisnis inti perusahaan BUMN bakal dilebur sehingga perusahaan yang bersangkutan bisa kembali menjalankan bisnis sesuai dengan inti bisnis yang mereka miliki.(Knu)

Baca Juga:

Dihantam Isu Miring, Sekber Garuda Serahkan Kepada Proses Hukum



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH