Diduga Akibat Menggunakan Earphone Terlalu lama, Telinga Bocah Ini Tumbuh Jamur Waspada penggunaan earphone terlalu lama (Foto: pixabay/kaboompics)

MENDENGARKAN musik dengan earphone mungkin sudah biasa bagi kalangan anak muda. Hal itu merupakan salah satu cara menikmati musik yang asyik tanpa harus membuat orang lain terganggu.

Namun, kamu harus waspada jika kerap menggunakan earphone terlalu lama. Karena baru-baru ini, seorang dokter di Rumah Sakit Ibu dan Anak yang berada di Shunyi, Beijing, melaporkan kasus seorang anak laki-laki yang datang dengan ibunya mengeluh sakit di telinga dan mengatakan telinganya seperti tersumbat.

Baca juga:

Ketahui! Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Diduga akibat penggunaan earphone terlalu lama, terdapat jamur di telinga seorang bocah 10 tahun (Foto: ETtoday)

Setelah diperiksa, bocah tersebut didiagnosis menderita mikosis saluran telinga, atau secara sederhananya terdapat jamur di saluran telinga, demikian seperti yang dilansir dari laman odditycentral. Penyebab mikosis saluran telinga bisa bervariasi, tetapi dalam kasus ini ditetapkan bahwa infeksi disebabkan oleh berbagai faktor.

Baca juga:

Ingin Tetap Sehat Saat #DiRumahAja? Ini Tipsnya

Salah satu penyebab telinga bocah tersebut tumbuh jamur, karena ventilasi alami yang kerap tetutup karena penggunaan earphone dalam waktu yang lama (Foto: pixabay/ys-park)

Kabarnya bocah berusia 10 tahun itu punya kebiasaan mengorek telinganya dan secara rutin merusak jaringan sensitif di sana. Selain itu dia juga menggunakan earphone untuk jangka waktu yang lama. Hal itu menyebabkan dia mencegah ventilasi alami saluran telinga, dan kelembapan, yang memungkinkan berkembangnya jamur.

Wu Yuha, dari the Department of Otolaryngology Head and Neck Surgery rumah sakit tersebut, mengatakan bahwa peningkatan kelembapan dan suhu yang meningkat merupakan efek samping dari pemakaian earphone terlalu lama, dan memberikan kondisi untuk pertumbuhan jamur.

Kini bocah 10 tahun itu tengah menjalani perawatan dokter dan harus pulih sepenuhnya dalam hitungan minggu. Tapi, dokter memperingatkan bahwa jika tidak diobati, infeksi jamur semacam itu bisa menyebabkan berbagai masalah yang berujung pada gangguan pendengaran. (ryn)

Baca juga:

Pentingnya Asuransi Kesehatan Bagi Pekerja Milenial

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH