Didesak Umumkan Cawapres, Jokowi: Masa Engga Sabar Presiden Jokowi bersama Gatot Nurmantyo di Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau, Jumat (19/5). (Biro Pers Setpres)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah mengantongi nama calon wakil presiden yang bakal mendampinginya pada Pemilihan Presiden 2019. Namun, mantan Gubernur DKI Jakarta itu masih merahasiakan nama cawapresnya.

"Sudah ada, tinggal diumumin," kata Jokowi usai menghadiri acara Rembuk Nasional Aktivis 98 di JIEXPO, Kemayoran Jakarta Pusat, Sabtu (7/7).

Mantan Wali Kota Solo itu meminta masyarakat sabar menanti nama cawapres yang akan mendampinginya di Pilpres 2019.

Jokowi memastikan nama cawapres akan diumumkan menjelang batas pendaftaran di KPU pada Agustus nanti.

"Pada saat yang tepat akan kita umumkan. Nunggu ini kan tinggal berapa hari masa engga sabar," ucap Jokowi.

Presiden Jokowi. Foto: Setkab

Sejumlah nama calon Wakil Presiden yang akan mendampingi Jokowi memang terus bermunculan. Terbaru, Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi yang diprediksi akan mendampingi Jokowi. TGB juga dicoret dari daftar capres rekomendasi ulama setelah melontarkan dukung Jokowi dua periode.

Sementara, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengusulkan wakil Jokowi berasal dari kalangan santri.

Setidaknya hal itu mengacu pada hasil hitung cepat atau quick count KPU di tiga Pilkada Provinsi di Pulau Jawa, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur yang dimenangkan duet nasionalis-santri.

"Kombinasi nasionalis-santri. Ini potret ideal yang diinginkan pemilih. Lihat saja Ganjar-Yasin, Ridwan-Uu dan di Jawa Timur ada Khofifah-Emil. Semuanya merupakan kombinasi sosok nasionalis dan berlatar belakang santri," kata Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arwani Thomafi. (pon)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH