Ditunjuk Pimpin Doa Pemakaman Habibie, Menteri Agama Masih di Yogyakarta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

MerahPutih.com - Almarhum Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie akan disemayamkan di Tempat Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan, siang ini. Namun, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang dijadwalkan akan memimpin pembacaan doa di prosesi pemakaman Habibie masih berada di Yogyakarta.

Ketika dikonfirmasi, protokoler Kementerian Agama, Muhamad Aleq Faruqi, membenarkan Menteri Lukman masih berada di kawasan Yogyakarta. Meskipun masih di luar kota, kata dia, Lukman masih dijadwalkan menjadi pembaca doa.

Baca Juga:

Menteri Agama Lukman Hakim Akui Terima Gratifikasi USD 30 Ribu

Aleq mengatakan Lukman akan diusahakan agar tiba di lokasi pemakaman tepat waktu. Rencananya pemakaman BJ Habibie digelar sekitar pukul 14.00 WIB. Menurut dia, jika Lukman akhirnya tidak sempat hadir maka akan digantikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag Mohamad Nur Kholis.

"Nanti landing di (Bandara) Halim. Ke sini (TMP Kalibata) nanti naik motor mungkin biar cepat," kata Aleg, saat dikonfirmasi di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

makam habibie
Suasana di lokasi pemakaman BJ Habibie. (MP/Asropih)

Jenazah Habibie akan diberangkatkan dari rumah duka di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Pemakaman militer ini akan dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dari pantauan MerahPutih.com, liang lahat untuk BJ Habibie berada di samping makam sang istri Ainun Habibie. Saat ini liang lahat tempat beristirahatan terakhir Habibie nampaknya sudah selesai digali.

Terlihat di sekitaran lokasi liang lahat Habibie petugas tenda menyelesaikan tenda yang kainnya belum terpasang. Kain yang terpasang ditenda berwarna merah putih.

Semalam, Presiden Ketiga RI, BJ Habibie telah menghembuskan nafas terakhirnya di ruang CICU, Paviliun RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, pada usia 83 tahun, tepat pukul 18.05 WIB. (Asp)

Baca Juga:

Habibie Dimakamkan Pukul 14.00 WIB, Jokowi Inspektur Upacara

Kredit : asropih


Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH