Dicokok KPK, Nih Jumlah Kekayaan Gubernur Kepri Nurdin Basirun! Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun. Foto: Facebook Nurdin Basirun

MerahPutih.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) pada Rabu (10/7) kemarin. Dalam operasi senyap kali ini, tim penindakan KPK menangkap Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun.

Berdasarkan data dari acch.kpk.go.id yang dilihat merahputih.com pada Kamis (11/7), Nurdin tercatat melaporkan harta kekayaannya pada 29 Mei 2018.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tersebut, Nurdin memiliki kekayaan mencapai Rp5,873 miliar. Adapun harta yang dimiliki Politisi Partai NasDem itu terdiri dari harta bergerak dan tidak bergerak.

BACA JUGA: KPK Sita 6.000 Dolar Singapura Terkait OTT Gubernur Kepri

Gubernur Kepri Nurdin Basirun. Foto: ANTARA
Gubernur Kepri Nurdin Basirun. Foto: ANTARA

Nurdin tercatat memiliki harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan yang tersebar di Kabupaten Karimun, Kepri mencapai total Rp4,461 miliar.

Sedangkan harta bergerak yang dilaporkan Nurdin yakni senilai Rp370 juta terdiri dari Honda CR-V Tahun 2005, Toyota New Camry Tahun 2011, dan Honda CR-V Tahun 2012.

Selain itu, Nurdin juga memiliki harta bergerak lainnya dengan nilai Rp460 juta. Mantan Bupati Karimun itu juga tercatat memiliki kas dan setara kas lainnya senilai Rp581,691 juta. Nurdin tak memiliki utang maupun piutang.

Sebelumnya diberitakan, selain Nurdin KPK juga menangkap lima orang lainnya yang terdiri dari Kepala Dinas di bidang kelautan, Kepala Bidang, dua staf dinas dan pihak swasta.

BACA JUGA: KPK Amankan 6 Orang Terkait OTT Gubernur Kepri

Dalam OTT ini, KPK turut menyita uang tunai yang berjumlah Sin$ 6.000. Uang tersebut diduga barang bukti transaksi suap yang melibatkan Nurdin. Suap ini terkait dengan izin lokasi rencana reklamasi di Kepri. (Pon)

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH