Dicecar Komisi III Soal Harun Masiku, Yasonna Laoly Bawa-Bawa Agama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly. (FOTO ANTARA)

MerahPutih.Com - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly dicecar anggota Komisi III DPR soal buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Harun Masiku yang sempat melintas di Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta.

Yasonna mengklaim tidak tahu lantaran Sistem Informasi Menejemen Keimigrasian (SIMKIM) mengalami gangguan pasca Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK pada 8 Januari 2020.

Baca Juga:

Rapat Kerja dengan Menteri Yasonna, Politisi Demokrat Tanyakan Pemecatan Ronny Sompie

Bahkan, politikus PDIP ini sempat mengucapkan sumpah di hadapan anggota dan pimpinan Komisi III DPR untuk meyakinkan bahwa dirinya tidak mengenal sama sekali Harun Masiku.

Mulanya, anggota Komisi III Fraksi PAN Sarifuddin Sudding merasa heran dengan pernyataan Yasonna yang berkukuh bahwa sejak 6 hingga 16 Januari 2020, Harun Masiku masih berada di luar negeri. Sedangkan pemberitaan sejumlah media Harun Masiku per 7 Januari 2020 melintas di Bandara Soekarno-Hatta pada 19 Januari 2020.

Lebih heran lagi, Yasonna Laoly baru sadar ada kesalahan setelah media Tempo memberitakan Harun Masiku. Sebab mengklaim hanya mengikuti informasi dari Keimigrasian lewat SIMKIM.

"Ini ada kejelasan yang tidak masuk di akal. Saudara hanya menggunakan satu sumber informasi kalau dikatakan SIMKIM belum masuk segala macam dan hanya lihat dari satu sisi. Saudara kenal Harun Masiku?," tanya Safruddin Sudding kepada Yasonna saat Rapat Komisi III dengan Kemenkumham, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/2).

Anggota Komisi III DPR Benny Harman minta Menteri Yasonna tak bohong soal Harun Masiku
Anggota Komisi III DPR Benny K Harman (Foto: antaranews)

Mendengar pertanyaan Safruddin Sudding, Yasonna sontak bersumpah bahwa dirinya tidak mengenal Harun Masiku.

"Sama sekali tidak kenal, lihat fisiknya tidak pernah hanya foto. Ini saya orang Kristen pak," ujar Yasonna Laoly seraya bersumpah mengangkat dua jarinya ke atas.

Melihat Yasonna bersumpah, anggota Komisi III DPR Fraksi Demokrat Benny K Harman pun angkat bicara. Dia bahkan menantang Yasonna untuk kembali bersumpah bahwa dirinya tidak mengetahui Harun Masiku sebagai Caleg PDIP.

"Bapak tidak tahu Harun Masiku? Tahu bahwa dia dari calon partai yang sama dengan Pak Menteri? Berani kembali bersumpah? Coba sumpah lagi Pak Menteri?," ujar Benny Harman menantang Yasonna Laoly.

Baca Juga:

Pemerintah Beberkan Hampir 300 Kombatan ISIS Berpaspor Indonesia

Kemudian Yasonna Laoly menegaskan bahwa dirinya tidak mengetahui Harun Masiku sebagai Caleg PDIP.

"Tidak, kita tidak pernah rapatkan itu. Tidak tahu saya, tidak pernah, karena itu urusan admisnistrasi di tingkat kesekjenan," kata Yasonna Laoly.

"Tadi bukan ngomong soal itu. Jangan bohong lah, jangan bohong Pak Menteri. Kenapa menyangkal Harun? Jangan lah bohong di siang hari bolong," timpal Benny Harman.(Pon)

Baca Juga:

Ini Alasan Ketua KPK Ogah Beberkan 36 Kasus Korupsi yang Dihentikan

Kredit : ponco


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH