Dibuka, Kolam Panas Bumi Pertama di Inggris Air kolam berasal dari panas bawah tanah. (Foto: mounthaven)

KOLAM geotermal pertama di Inggris telah dibuka di Penzance, Cornwall. Kolam mengadaptasi gaya art-deco, serupa Blue Lagoon, Islandia, sangat layak untuk dipakai berenang karena menggunakan panas bawah tanah untuk menjaga kolam air laut pada suhu 35 derajat Celcius.

Baca juga:

Surf Lakes, Kolam Ombak Terbesar di Dunia Cocok untuk Semua Peselancar

1
Pengunjung dapat menikmati perairan asin alami. (Foto: powertochange)

Pengunjung dapat bersantai di perairan asin alami sambil menikmati pemandangan panorama garis pantai Cornish berbatu, termasuk St Michael's Mount yang terkenal di dekatnya.

Melansir laman Tyla, pelancong berbondong-bondong ke tempat itu untuk menikmati air sejak adanya kolam renang outdoor (lido) asli.

Kolam renang merupakan lido air laut terbesar di Inggris ini dijalankan untuk komunitas, dan baru-baru ini telah diupgrade hingga £ 1,8 juta atau sekitar Rp34,5 miliar.

Sebagian didanai masyarakat, perbaikan desain untuk proyek tersebut membuat 1.400 orang (970 di antaranya adalah warga lokal Penzance) menyumbangkan uang mereka mencapai total hingga Rp 10,4 miliar.

BBC melaporkan orang pertama berenang di lido merupakan keluarga perenang lokal dan pendukung proyek Joyce Cooper.

Ms Cooper menjadi pilihan tepat, karena telah membuka lido populer sejak 85 tahun lalu. Namun, ia meninggal sebelum desain ulang lido selesai.

Baca juga:

Kontes Rambut Beku di Kanada. Berani Coba?

2
Merupakan lido air laut terbesar di Inggris (Foto: bbc)

"Sistem panas bumi beroperasi dengan mengekstraksi air hangat dari sumur panas bumi mengambil panas dari air tersebut menggunakan pompa panas. Lalu mendistribusikannya ke kolam melalui penukar panas, sebelum menginjeksikan kembali air yang lebih dingin ke dalam tanah," terang situs web Jubilee Pool.

Sistem gabungan ini, lanjutnya, membuat suhu kolam dapat dipertahankan dengan jejak karbon sangat rendah. "Ini menjadi pertama dari jenisnya di Inggris dan akan bertindak sebagai tempat untuk memamerkan panas bumi, pasokan panas karbon rendah."

Lido memiliki dan memberlakukan sejumlah tindakan kesehatan dan keselamatan lantaran pandemi COVID-19. Sementara kapasitas normal kolam adalah 50 orang, untuk saat ini dibatasi hanya 15 orang. (lgi)

Baca juga:

Kolam Ombak Terbesar di Dunia Ini Akan Hadir di Gurun

Kredit : leonard


Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH