Dibebaskan, Eggi Sudjana Janji Tak Akan Melarikan Diri Tersangka kasus makar Eggi Sudjana saat dijenguk Fadli Zon (MP/Kanugrahan)

MerahPutih.Com - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono membenarkan bahwa polisi mengabulkan penangguhan penahanan tersangka kasus dugaan makar, Eggi Sudjana hari ini, Senin (24/6).

"Jadi untuk malam ini tersangka Eggi Sudjana bisa kembali ke rumah nanti akan diantar pengacaranya dan nanti akan wajib lapor hari Senin dan Kamis," kata Argo di Markas Polda Metro Jaya, Senin (24/6).

Argo membeberkan beberapa pertimbangan sampai penyidik akhirnya mengabulkan juga penangguhan ini.

Yang pertama, kata Argo, lantaran Eggi kooperatif. Kedua, lantaran Politikus Partai Amanat Nasional itu diyakini tidak akan menghilangkan barang bukti.

Dan yang terakhir karena Eggi diyakini tidak akan melarikan diri.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. (MP/Noer Ardiansjah)

"Jadi, setelah kita lakukan pertanyaan oleh penyidik semua koopertaif. Intinya semuanya sudah dievaluasi penyidik dan sudah dikabulkan," katanya.

Sebelum bisa pulang ke kediamannya, Eggi sendiri sempat dibawa ke ruang penyidik guna menandatangani dikabulkannya penangguhan penahanan tersebut. Dia dibawa sekitar pukul 19.15 WIB.

Eggi Sudjana masih menggunakan baju tahanan saat dibawa ke ruang penyidik.

Wajahnya sumringah karena tahu penangguhannya dikabulkan.

Namun, dia tak banyak bicara saat itu. Dia hanya menjawab kondisinya sehat dan bersyukur karena penangguhan akhirnya dikabulkan.

"Alhamdulillah, sehat-sehat," kata Eggi.

BACA JUGA: BPN Akan Terima Apapun Hasil Putusan Mahkamah Konstitusi

Sofyan Basir Didakwa Fasilitasi Suap PLTU Riau-1, Kuasa Hukum Ajukan Keberatan

Diketahui, Eggi Sudjana ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan makar dan keonaran. Eggi dituding melakukan upaya makar setelah berpidato pada Rabu, 17 April lalu di depan kediaman capres 02 Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selata

Dalam pidatonya, Eggi menyerukan ajakan people power di hadapan pendukung kubu Prabowo-Sandi. Berkas tahap pertama kasus Eggi itu sudah dikirim ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta pada Senin, 10 Juni 2019.(Knu)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH