Dibatalkan Jadi Dirut TJ Karena Kasus Penipuan, Donny: Anies Tidak Salah

Eddy FloEddy Flo - Senin, 27 Januari 2020
 Dibatalkan Jadi Dirut TJ Karena Kasus Penipuan, Donny: Anies Tidak Salah
Direktur Utama Transjakarta Donny Saragih (ANTARA/ HO-Humas TransJakarta)

MerahPutih.Com - Donny Andy Saragih buka suara terkait statusnya dibatalkan menjadi Direktur Utama (Dirut) PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) karena tersandung dugaan perkara penipuan.

Donny mengaku tidak melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Peraturan Gubernur Nomor 5 tahun 2018 tentang Tata Cara Pengangkatan Direksi, tiap calon direksi harus mengikuti Uji Kompetensi dan Keahlian serta harus terbukti 'Cakap Melakukan Perbuatan Hukum'.

Baca Juga:

Mantan Dirut Transjakarta Sebut Anies Bapak Integrasi Transportasi

Aturan tersebut yang dijadikan landasan Donny dibatalkan sebagai Dirut Transjakarta. Menurut dia, dalam kebijakan itu yang dimaksud Cakap Melakukan Perbuatan Hukum adalah pernah terbukti menyelewengkan anggaran BUMD atau BUMN, sedangkan kasus yang menjeratnya bukan terkait hal itu.

Donny Saragih dicopot dari jabatannya sebagai Dirut TransJakarta
Donny Saragih bersama jajaran Direksi PT TransJakarta (Foto: Humas TransJakarta)

"Nggak ada yang dilanggar loh pada saat rekrutmen. Semua poin-poin yang ada Pergub, tidak ada yang terlanggar. Saya kan bukan masalah uang. Yang ada di Pergub itu apabila tidak cakap dan kena hukuman untuk masalah keuangan BUMN atau BUMD, gitu lho. Saya kan bukan masalah uang," kata Donny saat dikonfirmasi wartawan, Senin (27/1).

Donny mengatakan, Gubernur Anies Baswedan selaku pimpinam Pemprov DKI tidak bersalah atas kasus penunjukan dirinya sebagai Dirut TransJakarta.

"Jadi sebenarnya Pemprov dan pak Gubernur tidak salah. Bukan beliau bukan tidak telaten atau tidak teliti. Memang tidak ada yang dilanggar. Prosesnya kan ada persyaratannya dan itu masuk semua," sambung Donny.

Donny juga mengatakan bahwa dirinya lebih dulu mengundurkan diri sebagai Dirut Transjakarta sebelum jabatannya tersebut dibatalkan para pemegang saham di luar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Transjakarta.

Donny menyampaikan, pengunduran dirinya disampaikan kepada Ketua Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Amin Subekti.

"Kalau itu aku yang kirim pesan ke Pak Amin bahwa aku resign. Dari siang (hari ini) saya sudah mengundurkan diri," kata Donny.

Baca Juga:

Motif Anies Tunjuk Donny Saragih Jadi Dirut PT TransJakarta

Hal itu dilakukan oleh Donny lantaran dirinya mengaku tidak kuat dengan berbagai tekanan yang dirinya merasa tidak bersalah. Dia juga mengaku tidak ingin merusak tananan birokrasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Karena saya mungkin gak kuat soal yang gitu-gitu. Saya orang kerja, bukan orang politik. Daripada jadi merusak tatanan Pak Gubernur, iya kan. Harus ada yang gentleman. Harus ada yang ngalah. Dan saya ngalah untuk kelangsungan dan kenyamanan. Saya kan hormat. Pak Gubernur angkat saya, tiba-tiba dibuat seperti ini kan saya nggak enak sama beliau," tutup Donny.(Asp)

Baca Juga:

Dirut Transjakarta Enggan Penuhi Tuntutan Para Sopir JMT

#TransJakarta #Pemprov DKI #Anies Baswedan #Gubernur DKI Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan