Dibandingkan Venus, Merkurius Ternyata Lebih Dekat Dengan Bumi Susunan Tata Surya. (ANTARA News/NASA)

JIKA ditanya mengenai planet manakah yang paling dekat dengan Bumi, maka hampir semuanya akan menjawab Venus berdasarkan susunan Tata Surya yang kita tahu hingga sekarang. Namun, sebuah fakta baru terkuak dan membantah hal yang sebelumnya kita percaya.

Sekelompok ilmuwan Amerika Serikat telah melakukan penelitian dan menghasilkan satu kesimpulan. Mereka mengatakan planet yang dekat dengan Bumi bukanlah Venus seperti yang selama ini kita ketahui, melainkan Merkurius.

1. Diterbitkan pada jurnal

Ada penelitian terbaru (Sumber: Pixabay/PIRO4D)
Ada penelitian terbaru (Sumber: Pixabay/PIRO4D)

Di sebuah jurnal di Physics Today, Tom Stockman bersama Gabriel Monroe dan Samuel Cordner menjelaskan mengapa Merkurius planet adalah terdekat dengan Bumi. Kesimpulan ini berdasarkan perhitungan jarak rata-rata dalam waktu tertentu ketika masing-masing planet bergerak pada orbitnya.

Saat kedua planet tersebut bergerak mengitari Matahari. Merkurius dan Venus memiliki kecepatan yang berbeda sehingga kadang mencapai jarak terdekat dengan bumi dan kadang berada di titik terjauh.

2. Adanya kesalahan asumsi

Gambar yang menunjukkan bahwa Venus (kuning) yang dikenal sebagai planet terdekat dengan Bumi, kadang-kadang berada dalam titik terjauh dari Bumi (biru) ketika bergerak dalam orbitnya mengelilingi Matahari (titik putih), sedangkan Merkurius (abu-abu) kadang-kadang lebih dekat dengan Bumi dibanding Venus. (ANTARA News/Physics Today)
Rotasi Bumi, Merkurius, dan Venus (ANTARA News/Physics Today)

Gambar di atas menunjukkan bahwa Venus (kuning) yang dikenal sebagai planet terdekat dengan Bumi, kadang-kadang berada dalam titik terjauh dari Bumi (biru) ketika bergerak dalam orbitnya mengelilingi Matahari (titik putih), sedangkan Merkurius (abu-abu) kadang-kadang lebih dekat dengan Bumi dibanding Venus.

Dari pergerakan itu, mereka menghitung jarak rata-rata Venus dan Verkyrius terhadap Bumi dalam periode tertentu. Hasilnya, Merkurius memiliki jarak terdekat dengan Bumi dibandingkan Venus. Menurut mereka apa yang dipercaya masyarakat karena kesalahan asumsi.

"Ternyata, oleh beberapa fenomena kecerobohan, ambiguitas, dan sains populer telah disebarluaskan informasi berdasarkan pada asumsi yang salah tentang jarak rata-rata antarplanet," kata tiga ilmuwan AS itu dalam jurnalnya, dikutip Jumat (15/3).

3. Peneliti bukan orang sembarangan

Susunan Tata Surya. (ANTARA News/NASA)
Susunan Tata Surya. (ANTARA News/NASA)

Ketiga peneliti itu adalah Tom Stockman, kandidat PhD di Universitas Alabama dan asisten peneliti pascasarjana di Los Alamos National Laboratory (LANL). Kemudian ada Gabriel Monroe, insinyur mekanik penelitian di Pusat Pengembangan Riset Teknisi Angkatan Darat AS (ERDC), dan terakhir adalah Samuel Cordner, seorang insinyur mesin di NASA.

Dari penelitian itu mereka menemukan jarak rata-rata Merkurius terhadap Bumi 0,28 AU (Astronomical Unit), lebih dekat dibandingkan Venus yang jarak rata-ratanya 0,72 AU. Dengan hasil tersebut, Merkurius adalah planet yang lebih dekat dengan Bumi dibandingkan keenam platel lainnya di Tata Surya kita.

Venus sendiri kadang berada di titik terjauh dengan Bumi ketika planet tersebut berada diantara Bumi dan Matahari. Ketiga ilmuwan itu mengatakan metode perhitungan dengan menggunakan jarak rata-rata yang mereka gunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan lebih baik dari yang ada sebelumnya.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH