Dibanderol Rp29 Juta, Intip Performa Lumix S5 Terbaru Lumix X5 dibanderol dengan harga Rp29 juta untuk bodi saja. (Foto: Premium Beat)

SETELAH rumor beredar di internet, Panasonic akhirnya resmi meluncurkan kamera mirrorless full-frame entry level terbarunya, yakni Lumix S5.

Kamera dikemas dengan fitur video dan foto di dalam bodi yang cukup ringkas untuk sebuah kamera full-frame. Lumix S5 disebut-sebut akan lebih murah dari pendahulunya, Lumix S1.

Baca juga:

Cocok Buat 'Ngevlog', GoPro Hero 9 Hadir dengan Layar Depan Berwarna

Panasonic masuk ke kelas atas saat merilis kamera mirrorless full-frame seri L pertamanya tahun lalu. Tetapi kali ini, mereka mengumumkan model yang lebih umum dan serbaguna.

Mengutip The Verge, sejauh ini Panasonic memiliki tiga kamera full-frame, Lumix S1, Lumix S1R, dan Lumix S1H. Kini, mereka resmi merilis Lumix S5.

Terlepas dari perbedaan sensor yang cukup signifikan, S5 sebenarnya lebih kecil dari GH5. Selain memiliki sensor 24 MP, S5 juga menawarkan ISO hingga 51.200 serta dukungan teknologi Dual Native ISO.

Lumix S5 juga dilengkapi dengan sistem image stabilization hingga kecepatan lima stop. Jika kamu penggemar fotografi, kamera ini mampu memotret foto beresolusi 96 MP dalam mode Hi-Res.

Kecepatan memotret semakin baik karena Panasonic sudah membenahi auto focus yang diklaim dapat bekerja lebih cepat dan responsif. Fitur head tracking juga terasa semakin sempurna dan bisa digunakan selagi merekam video.

Baca juga:

Pengguna Kamera Canon Kini Bisa Otomatis Unggah Foto ke Google Photos

Berbicara soal video, S5 mampu merekam 4K 60 FPS pada 4:2:0 10-bit dengan cropping APSC atau 4K 30 FPS pada perekaman internal 4:2:2 10-bit menggunakan lebar sensor sepenuhnya. Adanya format V-Log atau HLG juga memudahkan editor lebih leluasa untuk melakukan color grading.

Dibanderol Rp29 Juta, Intip Performa Terbaru Lumix S5
Bodinya lebih kecil dari generasi sebelumnya. (Foto: Newsshooter)

Di bagian jendela bidik, S5 memiliki layar OLED dengan 2,36 juta titik dengan pembesaran 0,72 kali. Ada pula slot kartu SD ganda yang menampilkan UHS-II dan UHS-I, serta baterai 2.200 mAh yang dapat diisi melalui kabel USB-C.

Semuanya itu dikemas dalam bodi magnesium yang lebih kecil ketimbang trio S1. Selain dilengkapi dengan komponen weather sealing, bodi S5 diklaim tahan percikan dan debu.

Dibanderol Rp29 Juta, Intip Performa Terbaru Lumix S5
3 generasi kamera full frame dari Lumix. (Foto: DPReview)

Lumix S5 akan tersedia di pasaran pada pertengahan September 2020 dengan biaya USD 1.999 atau sekitar Rp29 juta untuk bodi saja.

Jika ingin tambahan lensa 20-60mm f/3.5-5.6, Lumix S5 dibanderol dengan harga USD 2.299 atau sekitar Rp34 juta. (and)

Baca juga:

Canggih, Kamera Nikon Kini Bisa Jadi Webcam



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH